Pencarian populer

Benarkah Kalau Berteman Jangan Pilih-Pilih?

“Kalau berteman jangan pilih-pilih!”

Kalimat tersebut rasanya familiar di telinga kita. Efeknya kita merasa tak perlu mem-filter dengan siapa kita berteman baik di dunia maya ataupun nyata.

Dunia saat ini bagai tak ada batasnya. Teknologi yang kian hari makin canggih memungkinkan kita untuk berjejaring dengan siapa saja. Media sosial yang hampir pasti setiap orang punya akunnya serta ter-install di gadget, menjadi sarana yang paling sering dipakai untuk berhubungan dengan teman dan relasi. Tombol ‘add friend’ dan ‘follow’ membuat kita bebas berteman dengan siapa saja di dunia maya.

Padahal, siapa yang kamu ikuti di dunia maya dan siapa yang menjadi temanmu di dunia nyata bisa menggambarkan seperti apa dirimu, bahkan masa depanmu. “Show me your friends and I’ll show you your future”.

Benarkah hingga sedemikian rupanya? Analogi lama yaitu apabila kamu berteman dengan tukang parfum maka kamu akan tertular wangi dan apabila kamu berteman dengan pandai besi maka kamu akan tercium bau besi pula, pasti sudah kita dengar. Ternyata benar, teman atau orang di sekitar yang dekat dengan kita bisa menjadi cerminan diri kita.

Dalam kepercayaan Islam, Rasullullah pernah bersabda, “Seorang mukmin adalah cerminan dari saudara mukminnya yang lain.” Maka perhatikanlah siapa temanmu.

Di lingkaran para orang sukses, memilih teman akrab betul-betul harus diperhatikan. Kalau kamu mau berpenghasilan setiap perbulannya diatas 10 juta, maka pastikan 5 orang yang setiap hari kamu bertemu dengannya pun mereka yang berpenghasilan di angka tersebut. Kamu akan berpikir seperti cara mereka berpikir, kamu akan punya mindset seperti mindset mereka. Kamu akan berbuat seperti apa yang mereka lakukan. Ada juga nasihat bijak yang menyatakan, “Dalam lima tahun kedepan seseorang bisa menjadi jutawan karena pergaulannya.”

Kelolalah pertemananmu seperti kamu mengelola keuanganmu. Karena teman bisa jadi investasi terbesar dalam hidupmu. Dengan mereka kamu bisa menghabiskan waktu secara produktif atau justru sebaliknya, sia-sia. Carilah teman yang bisa mendukung setiap potensi yang kamu miliki, serta menjadi “alarm” di saat kamu lepas kendali.

[Penulis: Izzudin | Editor: Tristia]

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57