kumparan
KONTEN PUBLISHER
17 Juni 2019 21:55

Cobain 4 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini

Sebuah penelitian tentang tentang berapa waktu tidur yang dihabiskan manusia selama hidupnya menyebutkan, dari rata-rata usi hidup manusia di dunia yaitu 78 tahun, manusia menghabiskan 28,3 tahunnya untuk tidur. Studi yang dilakukan oleh Pakar Kesehatan Kanada pun menunjukkan bahwa manusia menghabiskan waktu 7 tahun hidup mereka untuk berbaring di tempat tidur untuk menunggu dirinya tertidur.
ADVERTISEMENT
Banyak yang menganggap bahwa tidur maupun waktu menjelang tidur itu bukan waktu yang produktif. Padahal ada beberapa aktivitas sebelum tidur yang jika kita biasakan, akan meningkatkan produktivitas kita.
Nah, berikut ini 4 kebiasaan baik sebelum tidur yang bisa kamu coba!

Membaca buku

people-2564864_960_720.jpg
Studi yang dilakukan oleh Univesity of Essex, Inggris, mengungkapkan bahwa membaca selama 6 menit sehari dapat mengurangi tingkat stress hingga 68 persen. Waktu sebelum tidur merupakan waktu yang tepat untuk melakukannya apabila seharian kamu beraktivitas dan tidak sempat membaca buku. Kebiasaan ini akan memperluas wawasanmu dan membuat otakmu sehat. Miliarder pemilik Microsoft, Bill Gates, adalah salah satu contoh sukses yang menerapkan kebiasaan ini.

Menyusun daily acitivities esok hari

to-do-2607082_960_720.jpg
Pada awal tahun 90-an, sebuah studi di Amerika mengumpulkan sekitar 100 siswa SMA untuk diminta membuat jadwal kegiatannya esok hari sebelum tidur. Setelah empat tahun berjalan, kebiasaan ini terbukti membuat mereka memiliki manajemen waktu yang baik serta nilai yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak melakukannya.
ADVERTISEMENT
Membuat perencanaan untuk esok hari sebelum tidur merupakan salah satu kunci produktivitas terpenting yang perlu kamu lakukan. Karena akan membuatmu lebih disiplin bisa mengukur pencapaian diri.

Matikan handphone-mu

IMG_6891-Edit-5bfc7f6246e0fb00261c30b8.jpg
Ilustrasi: lifewire.com
Di era teknologi seperti saat ini, kebiasaan yang sering orang lakukan ketika bangun tidur pertama kali adalah mengecek HPnya, sehingga sebelum tidur pun aktivitas yang paling sering dilakukan adalah memakai handphone dan meletakkannya di dekat tempat tidur.
Padahal menurut penelitian yang dilakukan seorang professor dari Harvar University bernama Charles Czeisler, cahaya dan sinyal dari HP bisa mengacaukan hormon istirahat alami yang dibutuhkan tubuh kita saat tidur, sehingga akan membuatmu sulit tidur. Tidurmu pun jadi kurang nyenyak. Jadi disarankan untuk mematikan handphone terlebih dahulu dan meletakkannya tidak di dekat tempat tidur.
ADVERTISEMENT

Menenangkan diri

photo-1552858725-2758b5fb1286.jpg
Seringkali kita tidur dalam keadaan pikiran yang kalut dan hati yang gelisah, sehingga membuat tidur tidak nyenyak atau bahkan bermimpi buruk. Kebiasaan ini harus dikurangi dan diganti dengan menenangkan diri atau meditasi sebelum tidur.
Lakukan setidaknya 10 menit, maka akan membantumu meredakan stres, menenangkan pikiran dan terhindar dari depresi. Dalam agama Islam, kegiatan ini bisa dilakukan dengan shalat, berdoa sebelum tidur, dan memaafkan kesalahan-kesalahan orang lain kepada kita.
[Penulis : Izzudin|Editor : Nadhira]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan