kumparan
25 September 2019 21:37

Happy Saat Ada Ujian Kayak Maudy Ayunda? Enggak Aneh Kok!

Foto: instagram.com/maudyayunda
Masih segar dalam ingatan kita rasanya, saat sosok cantik nan cerdas, Maudy Ayunda, diwawancarai oleh sosok yang tidak kalah cantik dan cerdas juga, Najwa Shihab.
ADVERTISEMENT
Dalam satu kesempatan, terkuaklah rahasia mereka berdua yang ternyata amat sangat hobi belajar. Bahkan keduanya mengaku sangat senang setiap kali akan menjalani ujian.
Tentu hal ini rasanya tidak biasa. Tapi, ternyata ada satu jenis bakat yang apabila terdapat dalam diri seseorang, bisa menjadikannya seorang pembelajar sejati seperti hal nya Maudy Ayunda dan Najwa Shihab. Bakat apakah itu?
Biar kamu ga penasaran, coba jawab beberapa pertanyaan di bawah ini dulu yuk!

Saat kamu belajar, mana yang lebih penting, proses atau hasilnya?

Apakah kamu senang mempelajari bidang apapun?

Apakah kamu merasa bisa berkembang di lingkungan yang dinamis?

Foto: unsplash.com
Banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana caranya menjadi seperti Maudy yang hobi belajar? Hingga bisa meraih beasiswa di dua universitas kelas dunia sekaligus, Harvard dan Oxford. Ternyata, ada satu bakat yang ada dalam dirinya, yang berperan penting menunjang hobinya tersebut, yaitu bakat Learner.
ADVERTISEMENT
Dalam ilmu talents mapping, bakat Learner adalah bakat yang apabila dimiliki seseorang secara dominan, membuatnya senang mempelajari segala sesuatu, dan bahagia saat ia menjalani proses belajar. Ia pun selalu memiliki gairah atau hasrat yang tinggi untuk belajar dan terus berkembang.
Disamping itu, kepercayaan diri seorang Learner pun terus tumbuh seiring kompetensi dan keterampilan yang ia kuasai. Uniknya, seorang Learner seperti selalu mendapatkan energi dari ketidaktahuannya, sehingga membuatnya selalu bertenanga menggapai kompetensi.
Foto: unsplash.com
Kalau jawabanmu dari tiga pertanyaan di atas, adalah “iya”, maka kamu adalah seorang yang memiliki bakat Learner.
Perlu diperhatikan olehmu, kamu perlu mencari tahu bagaimana cara belajarmu yang paling efektif. Apakah dengan mengajar, merenung, atau membaca.
Jadilah katalisator perubahan. Saat rekan lain khawatir akan adanya perubahan, kamu dapat menenangkannya dengan memberi contoh cara menerima perubahan.
ADVERTISEMENT
Carilah peran yang memerlukan kompetensi teknis. Karena kamu akan menyenangi bagaimana membangun pengalaman disini. Carilah bidang yang terus berkembang, seperti teknologi, peraturan, dan lainnya. Kamu akan bersemangat untuk mempelajari perkembangan yang terus berlangsung tersebut.
[Penulis: Izzudin | Editor: Nurul]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan