kumparan
KONTEN PUBLISHER
12 Mei 2019 8:44

Mengapa Tahu Minat dan Bakat Sesama Anggota Tim Penting?

teamwork.jpg
Proses rekrutmen karyawan dalam sebuah perusahaan biasanya menjadi saat yang krusial dan menentukan bagi perusahaan tersebut. HRD akan bekerja keras untuk menyeleksi karyawan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan, terlebih untuk posisi-posisi yang strategis.
ADVERTISEMENT
Namun, terkadang dalam proses rekrutmen tersebut hal yang berbau administrasi masih selalu menjadi yang terdepan, meskipun hal tersebut memang poin yang penting. Talenta, potensi serta kecocokan calon karyawan belum betul-betul diperhatikan.
Begitu yang Temali dapat dari Rama Royani, ketika berbincang dengannya Rabu (8/5). Abah Rama, panggilan akrabnya adalah ex-direktur lima perusahaan yang menemukan praktik Talents Mapping. Talents Mapping dapat membantu perusahaan mengetahui talents atau potensi karyawan nya, berikut ulasannya.

Memang apa manfaat perusahaan mengetahui minat dan bakat karyawannya?

“Ada berbagai pendekatan untuk melakukan rekrutmen maupun pengembangan karyawan di organisasi” ujar Abah Rama. Fokus rekrutmen saat ini masih mempertimbangkan knowledge, skill, dan attitude.
"Padahal ada unsur penting yang mempengaruhi attitude dan sifatnya alamiah yaitu bakat,” lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Dalam pengembangan organisasi, ada dua tipe. Tipe pertama berkarakter seperti tim baseball. Tipe kedua berkarakter seperti tim sepakbola.
“Tim baseball konsepnya memperbaiki kelemahan deficit approach. Sedangkan tim sepakbola kalau seorang yang hebat menyerang akan tetapi memiliki kelemahan dalam menangkap bola, maka ia tidak perlu diatih menangkap bola. Yang fokus dilatih justru potensi menyerangnya.”
Tim harus mengetahui kekuatan dan kelemahan Pemainnya. Talents Mapping dapat menjadi tools untuk mengenali keduanya. Nah, apa manfaat sesama karyawan saling mengetahui talents karyawan lainnya?
“Untuk bisa sinergi atau kerjasama maka setiap karyawan harus memahami kekuatan kelemahannya masing-masing maupun semua anggota timnya," jawab Abah Rama.
[Penulis: Izzudin | Editor: Tristia]
---
Konten ini bermitra dengan Eduplex Indonesia, co-working space.
ADVERTISEMENT
Untuk info co-working, virtual office, dan sewa space kantor dengan suasana cozy di pusat kota Bandung, hubungi Mia (085721285233) atau email ke info@eduplex.id.
Untitled Image
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan