Pencarian populer

Mengenal 5 Tipe Entrepreneur

Setiap pengusaha, memiliki keunikan dan perbedaannya masing-masing. Tapi yang mereka tuju tetap sama; kebebasan finansial dengan hidup sebagai pengusaha.

Memahami apa yang menjadi tujuan dan motivasi kita untuk menjadi pengusaha dapat membantu untuk mencapai kesuksesan. Ada 5 tipe pengusaha dalam menjalankan hidupnya. Untuk yang baru ingin memulai, sila pilih jalan yang ingin ditempuh, dan untuk kamu yang sudah di tengah jalan, coba jawab dengan jujur tipe pengusaha apa kamu sekarang.

The skeptical entrepreneur

Pengusaha ini selalu melihat kesuksesan orang lain sebagai faktor keberuntungan belaka. Saat melihat kesuksesan orang lain, ia akan mulai bertanya-tanya dan mencari alasannya. Namun, ia tetap skeptis dengan kesuksesan tersebut, ia tidak percaya bahwa kesuksesan itu adalah hal yang mungkin dicapai dengan perjuangan.

Ketika kamu melihat kesuksesan bukanlah sebuah hal yang mungkin dicapai dengan perjuangan dan tanpa keberuntungan, kamu akan terjebak dengan pikiran tersebut. Pola pikir ini akan selalu membuatmu mencari alasan dan menimbulkan perasaan curiga setiap melihat kesuksesan orang lain. Pola pikir yang sangat berbahaya karena tidak akan membuatmu bertumbuh.

The copycat entrepreneur

Melihat kesuksesan orang lain dan mencoba menirunya adalah salah satu perilaku yang sering dilakukan, seperti yang dilakukan oleh pengusaha tipe ini. Ia melihat kesuksesan orang lain dan berusaha mengikutinya. Namun, alih-alih mengikuti justru yang ia lakukan adalah meniru. Dari mulai halaman web, personal branding, bahkan mungkin hingga kartu nama betul-betul sama.

Memang tidak ada yang salah dengan perilaku meniru tersebut, tapi alangkah lebih baik yang dilakukan adalah metode modelling. Ada perbedaan antara meniru dengan modelling. Meniru berarti betul-betul berusaha menyamai mereka yang kita pikir sudah sukses seratus persen, tapi kalau modelling yang dilakukan adalah amati-tiru-modifikasi.

The research entrepreneur

Pengusaha dengan tipe ini adalah mereka yang hobi belajar. Mereka meneliti setiap cara dan strategi untuk menyukseskan bisnisnya. Mereka belajar dari kisah kesuksesan orang lain atau dari modul-modul bisnis. Mereka selalu mencoba memulai bisnisnya dari masalah yang ada di lapangan dan mencoba memecahkannya.

Hambatan bagi tipe pengusaha ini adalah terkadang mereka minim implementasi karena terlalu banyak pertimbangan. Padahal, kunci kesuksesan adalah terus belajar dan mengimplementasikannya.

The determined entrepreneur

Pantang menyerah adalah pegangan hidup mereka. Pengusaha ini percaya bahwa kesuksesan bisa didapat tanpa meniru orang lain. Mereka selalu mencoba menciptakan jalannya sendiri. Meskipun belum menemui hasil dan kesuksesan, tipe pengusaha ini selalu mencoba mengambil nilai yang bisa didapat dari kegagalan yang dialami.

The accomplished entrepreneur

Pengusaha ini sudah melalui semua tahap wirausaha serta membangun bisnisnya, dan telah mencapai kesuksesan. Mereka sekarang fokus pada peningkatan bisnis mereka dan meninggalkan warisan yang melampaui kehidupan mereka.

Yang mereka lakukan sekarang adalah terus belajar, karena bagi mereka sebenarnya tidak ada kata "berhasil". Mereka paham waktu yang mereka miliki adalah harta yang paling berharga.

Jadi, kamu tipe pengusaha yang mana? Sila bicara dengan dirimu sendiri dan perlu kamu ingat, tak ada kata terlambat untuk sebuah perubahan. Semuanya dimulai dengan memutuskan apa tujuanmu dan putuskan apa yang kamu inginkan dari bisnismu.

[Penulis : Izzudin|Editor : Nadhira]

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55