Opini & Cerita
·
22 September 2020 17:53

KELAS Teman kumparan: Berkenalan dengan SEO

Konten ini diproduksi oleh Teman kumparan
KELAS Teman kumparan: Berkenalan dengan SEO (360854)
Ilustrasi SEO. Foto: Pixabay
Bagi kamu yang sudah akrab di dunia blogging, pasti nggak asing lagi dengan Search Engine Optimization (SEO). Ya, teknik ini merupakan bagian dari digital marketing agar konten yang ada di website-mu muncul di halaman mesin pencari seperti Google.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, akan ada lebih banyak orang yang mengunjungi website yang kamu kelola, sehingga traffic-nya pun akan semakin tinggi. Tak hanya soal traffic, ternyata SEO juga bisa meningkatkan brand awareness hingga sales (penjualan).
Lalu bagaimana caranya supaya website ataupun artikel yang kita kelola bisa berada di peringkat pertama mesin pencari?
KELAS Teman kumparan: Berkenalan dengan SEO (360855)
KELAS bersama Erwin Petas, SEO Manager kumparan. Foto: dok kumparan
Menurut Erwin Petas, SEO Manager kumparan yang kerap disapa Mas Erwin, teknik SEO dapat digunakan untuk mengoptimasi situs yang dikelola supaya berada di ranking paling atas Google, atau setidaknya berada di halaman pertama berdasarkan keyword tertentu yang ditargetkan.
Meskipun menjadi nomor satu dalam search engine tidaklah mudah, sebab banyak kompetitor dan algoritma yang berubah-ubah, teman kumparan tetap bisa mempelajarinya perlahan-lahan.
ADVERTISEMENT
Dalam SEO, konten is the key. Di KELAS Creator Teman kumparan Mas Erwin menekankan, buatlah konten dengan kualitas baik yang ditulis untuk manusia, bukan untuk robot Google. Padanan kata, struktur kalimat, serta hubungan antar kalimat pun harus tetap diperhatikan agar Google bot dapat mengenali keyword yang kamu tuju beserta maksud dari tulisan yang kamu buat.
Tips lain dari Mas Erwin, keyword yang dituju dalam tulisan pun tak disarankan ditulis berulang kali. Sebab, Google akan mendeteksi adanya spam dalam tulisan tersebut. Untuk mengatasi ini, teman kumparan bisa menggunakan sinonim atau kata ganti dari keyword yang dituju.
Ingin belajar tentang SEO lebih lanjut? Yuk, gabung ke Grup Telegram Creator teman kumparan! Di sana, kamu bisa belajar tentang kepenulisan dan cara membuat konten, lho. Ditunggu ya, teman kumparan.
ADVERTISEMENT
(sif)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white