Otomotif
·
22 Juli 2021 10:59
·
waktu baca 3 menit

KELAS Teman kumparan Hangout: Serba-Serbi Memilih Mobil Bekas Selama Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Teman kumparan
KELAS Teman kumparan Hangout: Serba-Serbi Memilih Mobil Bekas Selama Pandemi (36628)
searchPerbesar
KELAS Teman kumparan Hangout OTO bersama Mas Wahid. Foto: dok. kumparan
Mobil bekas bisa jadi salah satu pilihan bagi masyarakat umum ataupun pecinta otomotif di masa pandemi Covid-19. Selama pandemi, masyarakat akan tetap membutuhkan kendaraan untuk menunjang aktivitas mereka. Kondisi ini menyebabkan banyak orang yang lebih memilih naik kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa saja yang harus disiapkan dalam memilih mobil bekas di saat pandemi seperti sekarang ini?
Untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar memilih mobil bekas selama pandemi, teman kumparanOTO di grup telegram mengundang Mas Wahid, Content Creator Otomotif asal Jepara. Berawal dari seringnya me-review mobil bekas, hingga kini Pria yang memiliki akun media sosial @maswahid itu sudah mempunyai lebih dari 1 juta subscribers di YouTube.
Di KELAS Teman kumparan Hangout, Mas Wahid mengatakan sebenarnya tidak ada perbedaan besar ketika memilih mobil saat pandemi maupun sebelum pandemi, semua sama saja karena kondisi mobil tidak terpengaruh oleh virus. Lalu, untuk permintaan kebutuhan mobil bekas selama pandemi juga tidak naik dan tidak menurun, semua tergantung dari jenis mobilnya.
ADVERTISEMENT
Kalau soal harga, Mas Wahid bilang kalau harga mobil bekas cenderung turun selama pandemi. Kecuali mobil hobi dan limited edition yang pasarnya tidak terpengaruh situasi sekarang ini.
"Malahan yang semula tidak begitu membutuhkan mobil, menjadi butuh agar mereka tidak naik transportasi umum," kata Mas Wahid di KELAS Teman kumparanOTO.
Tantangan mencari mobil bekas di saat pandemi seperti ini di antaranya banyak akses jalan yang ditutup. Perjalanan yang harusnya cuma butuh waktu 1 jam jadi 2 jam. Lalu, banyak penjual yang tidak jadi menjual mobilnya karena isoman, dan takut menerima orang luar saat ingin mengecek mobil. Mas Wahid pun merasakan tantangan terberatnya karena mobilitas dari kota penjual ke kota pembeli menjadi terhambat karena banyak akses jalan yang ditutup.
ADVERTISEMENT
Nah, selanjutnya diskusi di grup teman kumparan berjalan sangat seru dan interaktif, lho. Seperti apa keseruannya? Simak rangkumannya di bawah ini!
Tanya: Untuk di masa pandemi sekarang orang rata-rata berbelanja via online. Nah, untuk Mobil pastinya juga. Apakah hal utama yang harus kita perhatikan untuk pembelian secara online tersebut? Dan apakah benar harga pembelian di online itu menjadi lebih murah seperti yang mereka tawarkan di iklan-iklan? Terima kasih.
Jawab: Benar memang sekarang tren belanja bergeser ke online, termasuk mobil, apa yang harus diperhatikan? Hal yang terpenting adalah sellernya mesti terpercaya (untuk mobil bekas).
Mobil baru aja kadang masih bisa tertipu, misalnya karena minimnya informasi, uang ditransfer langsung ke rekening salesnya, nah si sales ngga sampein ke kantor. Kecuali yang kaya grup-grup perusahaan ATPM-nya yang jual sih ngga masalah, atau akun official yang penjualannya di marketplace ijo.
ADVERTISEMENT
Balik lagi ke pertanyaan, kita bicara mobil bekas, sekarang kan banyak akun jual beli mobil bekas yang endorse influencer, tolong jangan 100% percaya. Kalian mesti perhatikan juga kondisi mobilnya melalui gambar-gambar yang mereka posting, KM (kilometer) nya, kondisi ban-nya, jadi tetap percaya pada pandangan dan penilaian kita sendiri.
Kecuali akun jual beli tersebut memang milik orang terkenal, atau akun tersebut trusted banget karena jumlah pengikutnya yang banyak disertai bukti bahwa itu akun organik bukan beli. Buktinya apa? Jumlah komen pasti ikutan banyak, kurang lebih 5-10% dari jumlah followers. Untuk masalah harga, apakah di online lebih murah? Lebih murah dikit sih, lumayan karena kalau kami ngga perlu sewa ruko.
Tanya: Bagaimana cara memastikan aman tidaknya jika ingin beli mobil dari luar pulau dengan cara kirim-kirim?
ADVERTISEMENT
Jawab: Sekali lagi, di sini kredibilitas seller nomer 1, makanya hal yang aku sampaikan di pertanyaan sebelumnya tadi benar-benar mesti kita pegang. Seller terpercaya yang ngga mungkin nipu karena akan bikin mereka ribet dan dua kali kerja, atau akan membuat nama mereka hancur dan menurunkan kredibilitasnya.
Untuk kirim pulau, selama ini tim kami yang pegang sendiri, kami sudah punya rekanan ekspedisi, baik driving, towing, atau port to port dengan kapal, atau ada door to door yaitu langsung ke rumah pembeli. Tapi mesti lunas dulu ya baru dikirim, ngga mungkin belum lunas bisa dikirim. Jadi jangan kaget nanti kalau sistemnya mesti begitu.
Tanya: Mobil LCGC atau City Car kecenderungannya naik atau turun Mas harganya sekarang? Terus ada rekomendasi nggak dari Mas Wahid?
ADVERTISEMENT
Jawab: LCGC dan City Car agak berbeda ya teman-teman. Kalau dari pengalaman saya LCGC relatif turun, jarang yang harga bertahan. Kadang beli LCGC karena kebutuhan bukan keinginan, sehingga kalau uang mereka akan cukup untuk beli yang lebih untuk naik kelas, maka akan dijual mobil tersebut.
Jika banyak yang menjual dari pada yang beli, maka harga pasar akan terbentuk dengan kecenderungan turun, walau nanti yang beli secondnya juga akan tetap banyak. Karena serbuan dari teman-teman yang naik kelas dari sepeda motor, untuk city car juga perlahan turun seiring berjalannya waktu. Asal itu mobil harian, jarang bisa naik, karena yang terbaru masih keluar dari dealer, dan bukan barang langka, kecuali yang limited edition.
ADVERTISEMENT
Tanya: Mas wahid kalo tips tukar tambah mobil gimana, ya?
Jawab: Tukar tambah ada dua jenis ya:
1. Jual yang lama, lalu beli yang lebih murah, karena sedang butuh uang
2. Jual yang lama untuk beli yang lebih mahal, karena mau naik kelas
Jadi jual dulu unit lama kita, tawarkan di marketplace sendiri, jangan ke showroom. Cari pembeli pemakai kl mau harga tinggi, walau akan lama. Dengan menjualnya sendiri kita bisa memilih harga mana yang tertinggi. Kuncinya adalah banyakin penawar, dengan demikian kita dapat beberapa opsi calon pembeli. Nah, kalau sudah merasa harga sesuai dengan ekspektasi kita, baru di dilepas dan cari target kemudian.
Tanya: Kalau bagian mobil ada yang bekas di cat ulang, tetapi mesinnya normal, enak, dan bukan bekas nabrak, itu bagaimana menurut Mas Wahid? Apakah mending diambil atau skip saja? Harganya harga pasaran normal.
ADVERTISEMENT
Jawab: Re-paint sebagian body mobil yang sudah berusia lebih dari 2 tahun itu hal yang wajar ya teman-teman. Bukan aib, jadi ngga usah overthinking mikir yang macem-macem. Kalau masih enak, harga masuk, kamu dan keluarga suka, yasudah lanjutkan bayar saja.
Tanya: Cara untuk mendapatkan pembeli saat kita akan menjual mobil bekas kita itu gimana ya, Mas? Soalnya saya sudah upload di beberapa marketplace, tapi masih belum nemu pembeli.
Jawab: Coba harganya turunin dikit. Trik saya supaya ikhlas, cobalah memikirkan ini, "nggak apa-apa kehilangan 1 - 3 Juta yang penting uang besarnya kepegang". Misal pasaran 105 juta, nggak apa-apa kita turunin lepas di 100 juta, kehilangan 5 juta tapi dapat 100 juta masih lebih baik. Yang penting kan cepat, memang itu berat, tentang keihklasan. Bukan perkara mudah dan harus terlatih. Selalu lah melihat big picture-nya, dengan demikian kita bisa berlari lebih cepat.
ADVERTISEMENT
Tanya: Mau nanya Mas, kalau cari mobil yang agak berumur, prioritaskan mana antara: Body sama Mesin dan kaki-kaki, Mas?
Jawab: Body nomer 1, body bagus gas. Soal mesin dan kaki-kaki tuh murah dan mudah. Body sekali nginep di bodyworkshop bisa seminggu hingga satu bulan dengan biaya yang tidak terprediksi, karena di balik cat dan dempul itu ada kropos yang tidak terduga.
Nah, kalau kaki-kaki, sehari dua hari kalau part masih nunggu, dan setengah hari kalau part ready. Untuk mesin maksimal 3 hari selesai, dengan biaya yang predictable.
Tak hanya sharing dan diskusi saja, teman kumparan dengan pertanyaan terbaik juga berhak mendapatkan hadiah saldo digital, lho. Ingin ikuti keseruan di grup teman kumparanOTO? Gabung ke grupnya dengan klik kum.pr/Temanoto sekarang!
ADVERTISEMENT
====================
KELAS merupakan diskusi dan tanya-jawab online yang diadakan di grup teman kumparan. Di KELAS, kamu bisa berdiskusi dengan para pakar di bidangnya secara gratis. Yuk, gabung ke grup teman kumparan OTO di Telegram melalui kum.pr/Temanoto. Jangan lewatkan keseruannya, ya!
(tan)