kumparan
13 Mei 2019 17:19 WIB

Ketika Cerita Perempuan Menjadi Kekuatan

Ilustrasi menulis cerita
Sejak dulu, tulisan menjadi medium untuk menyampaikan pikiran maupun gagasan. Banyak pemikir terkenal menuangkan ide dan gagasannya melalui tulisan yang kemudian dijadikan pedoman hingga sekarang, contohnya Raden Ajeng Kartini.
ADVERTISEMENT
Memperingati momen hari Kartini, kumparan mengadakan kopdar (kopi darat) bersama para teman kumparan pada Minggu, 28 April 2019 lalu. Bertempat di Lounge A kantor kumparan Jati Murni, kopdar ini dihadiri oleh para perempuan dari berbagai komunitas yang telah bergabung di grup teman kumparan.
Bukan cuma sekadar kopdar, para peserta juga belajar teknik storytelling yang menarik dari Shasya Pashatama, womenpreneur yang juga seorang food & travel blogger dan juga cara mengoptimasi SEO untuk blog dari GM Digital Marketing kumparan, Dhika Kurniawan.
Meminjam semangat literasi RA Kartini, setelah acara diadakan lomba blog yang bertemakan ‘Kekuatan Perempuan Menurut Versimu’. Setiap peserta pasti memiliki ceritanya masing-masing, dan mereka bebas menuangkannya di platfom kumparan.
Suasana mini workshop Kopdar Teman kumparan Perempuan Bercerita - dok: kumparan.
Lomba blog ini bertujuan untuk mengajak teman kumparan, khususnya perempuan, untuk lebih berani menyuarakan pikiran, gagasan dan perjuangannya melalui literasi digital sambil mempraktekan ilmu yang sudah didapat dari narasumber.
ADVERTISEMENT
Ada 12 tulisan dari teman kumparan, kesemuanya memiliki cerita menarik dari sudut pandang yang berbeda-beda. Masing-masing tulisan memiliki cara pandang yang berbeda dan layak untuk dinikmati.
ADVERTISEMENT
Tulisan Reh Atemalem @atemalem.
Walaupun semua tulisan yang masuk sangat menarik, tapi pemenang tetap harus dipilih. Selamat untuk Reh Atemalem (@atemalem) yang berhasil meraih juara dengan tulisannya, “Tentang Perempuan dan Kuasa Memilih Cara Hidup”.
Kopdar Teman kumparan Perempuan Bercerita dalam rangka Hari Kartini - Dok: kumparan.
Kegiatan kopdar teman kumparan dilaksanakan secara rutin setiap bulan dengan tema beragam dan menarik. Tertarik untuk ikutan? Yuk gabung di Facebook group teman kumparan. Siapa pun bisa bergabung di komunitas teman kumparan, dan tentu saja siapa pun bisa juga menulis di platform kumparan. Caranya mudah, kamu tinggal membuat akun di kumparan dan kirim permintaan akses menulis pada tim kumparan. Setelah itu, bisa langsung seperti blog dengan tema sesuai minta masing-masing. Jangan biarkan buah pikirmu hanya sebatas pikiran, sampaikanlah lewat tulisan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan