kumparan
search-gray
Woman18 Maret 2020 15:46

Kompakers Bekasi: Upload Foto Kompakan hingga Belajar Fotografi Profesional

Konten kiriman user
Kompakers Bekasi: Upload Foto Kompakan hingga Belajar Fotografi Profesional (368066)
Komunitas Kompakers Bekasi. Foto: Suciarti Wahyuningtyas
Supaya tetap eksis di media sosial, kegiatan upload foto di Instagram menjadi salah satu rutinitas yang tak asing dilakukan setiap orang. Tak terkecuali bagi perempuan, stok foto selfie ataupun foto-foto di galeri smartphone menjadi kurang lengkap jika tidak dipamerkan di dunia maya.
ADVERTISEMENT
Tren tersebut ternyata berkembang di kalangan ibu-ibu muda. Tidak hanya sekadar hobi, sejumlah wanita di Bekasi bahkan berkumpul dalam suatu komunitas bernama Kompakers Bekasi.
Komunitas Kompakers Bekasi nggak cuma sekadar upload foto biasa di Instagram
Mulanya, Kompakers Bekasi merupakan komunitas fotografi yang terbentuk dari Komunitas Upload Kompakan. Sekumpulan wanita peminat fotografi di Bekasi ini terbentuk sebagai komunitas regional dari Upload Kompakan, salah satu komunitas fotografi terbesar di Instagram.
Pengikut Upload Kompakan berasal dari seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga. Berawal dari terkenalnya komunitas ini, terbentuklah sebutan bagi pengikut Komunitas Upload Kompakan yang dikenal dengan ‘Kompakers’.
Kompakers Bekasi: Upload Foto Kompakan hingga Belajar Fotografi Profesional (368067)
Meet Up Reguler Kompakers Bekasi. Foto: Suciarti Wahyuningtyas
Kompakers kemudian dikelompokkan sesuai dengan daerahnya masing-masing yang tersebar di seluruh Indonesia. Kompakers Bekasi terbentuk untuk mewadahi teman-teman Kompakers yang tinggal di daerah Bekasi untuk saling mengenal dan bertukar informasi seputar fotografi.
ADVERTISEMENT
Instagram dipercaya sebagai media untuk menunjang kemampuan fotografi anggota Komunitas Kompakers Bekasi. Komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2014 ini memiliki 60 orang anggota aktif.
Uniknya, proses seleksi dari komunitas ini cukup ketat. Selain harus merupakan perempuan dan tinggal di Bekasi, calon anggota komunitas ini harus aktif dalam meng-upload foto harian dengan tema dan ketentuan yang diberikan oleh tim Upload Kompakan. Keaktifan calon anggota kemudian dipantau selama 3 bulan.
Kompakers Bekasi: Upload Foto Kompakan hingga Belajar Fotografi Profesional (368068)
Kegiatan Workshop Komunitas Kompakers Bekasi. Foto: Suciarti Wahyuningtyas
Menurut Chichie, Ketua Kompakers Bekasi, proses pemilihan anggota komunitas harus dilakukan secara selektif untuk mengetahui keseriusan mereka yang akan bergabung di Kompakers Bekasi.
“Banyak yang ingin masuk jadi member, tapi mereka belum pernah upload foto satu pun untuk Upload Kompakan. Banyak juga yang hanya ingin menambah teman komunitas. Kedua case ini nggak bakal aku approve,” ujar Chichie kepada kumparan.
ADVERTISEMENT
Mendalami Food Photography dan Product Photography
Di Kompakers Bekasi, fotografi bukan hanya sekadar hobi, tetapi sudah merambah menjadi salah satu sumber penghasilan anggotanya. Pasalnya, komunitas ini mendalami teknik food photography (fotografi makanan) dan product photography (fotografi produk). Kegiatan yang sering diadakan yakni kelas fotografi ataupun workshop yang membahas tentang kedua jenis teknik fotografi tersebut.
Kompakers Bekasi: Upload Foto Kompakan hingga Belajar Fotografi Profesional (368069)
Food Photography. Foto: Instagram/@akuchichie
Bahkan, Kompakers Bekasi sering bekerjasama dengan beberapa brand, coffee shop, restoran, dan event lainnya untuk menunjang fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan ketika proses belajar fotografi berlangsung. Lebih dari itu, kelas fotografi yang diadakan Kompakers Bekasi juga pernah membahas tentang digital imaging, salah satu teknik yang penting dilakukan pada proses pengolahan gambar.
“Salah satu di antara kami memang bekerjasama dengan brand untuk memfoto produk mereka. Banyak dari kami yang menjalankan partnership juga. Jadi, kami tidak hanya menyalurkan hobi saja, tapi sekarang ini juga sudah menjadi penghasilan untuk masing-masing member. Misalnya zaman cake kekinian dulu, kebanyakan fotonya dari Kompakers,” tutur Chichie, Ketua Kompakers Bekasi kepada kumparan.
ADVERTISEMENT
Menebar Kebaikan Bersama Kompakers Bekasi
Kompakers Bekasi: Upload Foto Kompakan hingga Belajar Fotografi Profesional (368070)
Chichie, Sosok Lurah Kompakers Bekasi. Foto: Suciarti Wahyuningtyas
Ketua di setiap regional Komunitas Upload Kompakan mendapat sapaan ‘lurah’. Saat ini, Chichie genap 3 tahun menjabat sebagai lurah Kompakers Bekasi. Setelah memimpin komunitas ini sejak tahun 2017, ia mendapatkan banyak pelajaran dan saling memotivasi anggotanya untuk belajar ke arah yang lebih baik.
Ibu dari satu anak ini memiliki fokus pada lifestyle photography. Foto-foto yang dipajang di Instagram @akuchichie menggambarkan bagaimana ia menaruh perhatian kepada foto-foto lifestyle.
Pernah bekerja di media cetak selama 13 tahun, membuat Chichie telah mendalami teknik fotografi bersama pakarnya. Chichie mangaku pernah dimentori sederet nama fotografer ternama seperti Roy Genggam dan Darwis Triadi. Hal tersebut tentu semakin mengasah kemampuannya dalam bidang fotografi.
ADVERTISEMENT
Bergabung di Kompakers Bekasi, menurut Chichie adalah hal yang positif. Terlebih lagi, aturan dan tema yang ditetapkan Upload Kompakan membuat anggotanya dapat mengurangi unggahan potret diri di Instagram. Selain itu, mereka dapat mengasah kreativitas dalam mengolah foto hasil jepretannya.
(sif)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white