Konten dari Pengguna

kumparan Hangout Ajak Orangtua Ajarkan Finansial pada Anak Sejak Dini

teman kumparan
Ayo gabung ke komunitas teman kumparan!
12 Juni 2024 17:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari teman kumparan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tabungan atau Menabung. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tabungan atau Menabung. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pendidikan finansial ternyata perlu diajarkan orangtua kepada anak sejak dini. Orangtua bisa mengajak si kecil untuk berdiskusi soal nilai uang, mengenali perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, serta upaya untuk mengelolanya.
ADVERTISEMENT
Sehingga dengan pengetahuan yang cukup, anak akan lebih bijak dalam mengatur keuangannya di masa depan. Sehingga, ia pun bisa belajar menabung dan berinvestasi untuk mencapai tujuan finansial tertentu.
Namun untuk mengajak anak lebih melek soal keuangan tidak semudah yang dibayangkan. Para orangtua harus menguasai ilmu yang relevan terlebih dahulu supaya bisa memberikan pemahaman yang lebih mendalam.
Untuk itu, kumparan Hangout bakal mengadakan acara spesial bertajuk “Persiapan Masa Depan dengan Pengelolaan Keuangan Sejak Dini”. Acara tersebut akan digelar di Kantor kumparan pada Sabtu, 15 Juni 2024 pukul 09.30-12.00 WIB.
Ilustrasi anak menabung. Foto: Shutter Stock
Di kumparan Hangout, akan ada sesi talkshow yang insightful. kumparan menggandeng Praktisi Psikologi Anak Usia Dini, Aninda, dan Iwan Saputro selaku General Agency Develompment PT Zurich Topas Life.
ADVERTISEMENT
Kedua narasumber tersebut akan membagikan ilmunya tentang pengelolaan keuangan sejak dini. Mereka juga akan memberikan sudut pandangnya soal tantangan yang biasa dihadapi ketika menerapkan tips parenting ini.
Melalui event ini, kumparan ingin mengajak orang tua untuk mulai menyiapkan masa depan anaknya dengan baik. Sehingga, kesadaran akan kebutuhan finansial pun bisa dilatih sejak dini.
Penasaran ingin belajar langsung dari para ahli? Yuk, segera daftarkan dirimu di kum.pr/hangoutZurich. Sampai jumpa nanti ya!

Tips Mengajarkan Keuangan kepada Anak

Ilustrasi ibu mengajarkan anak menabung. Foto: comzeal images/Shutterstock
Ramsey Solution membagikan beberapa tips efektif untuk mengajarkan keuangan pada anak. Berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda coba:

1. Ajarkan biaya peluang suatu barang

Ketika anak ingin membeli barang A, ajarkan kepadanya bahwa ia tidak akan mendapatkan barang B. Sebab, kedua barang tersebut harus dipilih berdasarkan kebutuhan dan prioritasnya. Si kecil pun perlu belajar membandingkan harga satu barang yang diinginkannya dengan barang lain.
ADVERTISEMENT

2. Berikan upah bukan jatah

Jangan biasakan memberi uang kepada anak secara cuma-cuma. Anda bisa memberikan upah padanya atas pekerjaan rumah yang sudah diselesaikan.
Misalnya, setiap anak diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap pekerjaan di rumah. Nantinya mereka bisa memperoleh upah yang sesuai dengan pekerjaannya tersebut. Ini akan mengajarkan si kecil lebih menghargai nilai uang.

3. Hindari belanja impulsif

Ajarkan anak bahaya membelanjakan uang secara impulsif. Misalnya ketika melihat barang lucu di mall, anak tidak bisa langsung membelinya. Namun ia harus memiliki pertimbangan apakah benar-benar membutuhkannya atau sekadar menginginkannya.