Food & Travel
·
18 September 2020 18:43

Mengenal Terry Endropoetro, Travel Blogger di Balik Akun Negeri Kita Sendiri

Konten ini diproduksi oleh Teman kumparan
Mengenal Terry Endropoetro, Travel Blogger di Balik Akun Negeri Kita Sendiri (14768)
Terry Endropoetro, sosok di balik akun @negerikitasendiri. Foto: Instagram/@negerikitasendiri
Begitu besar kecintaannya terhadap negeri sendiri, membuat sosok Terry Endropoetro mengawali perjalanannya sebagai travel blogger dan menamakannya dengan sebutan 'Negeri Kita Sendiri'. Wanita yang kerap disapa Terry ini mengawali Negeri Kita Sendiri sejak tahun 2008 untuk menamai perjalanan keliling Indonesia di akun media sosial pribadinya.
ADVERTISEMENT
Berisi foto dan cerita jalan-jalan, Negeri Kita Sendiri menjadi awal mimpi Terry untuk menjelajahi Indonesia, mengangkat banyak hal tentang alam, adat budaya, kuliner, dan segala tentang Tanah Air tercinta.
Terry yang sebelumnya bekerja di salah satu perusahaan media perempuan ternama, memutuskan untuk resign pada akhir tahun 2012 dan mengawali tahun 2013 dengan meresmikan berdirinya Negeri Kita Sendiri.
Sebelum mantap untuk resign dari tempat kerjanya, wanita asal Bandung ini mengaku sempat mengalami turning point hingga akhirnya ia memutuskan beralih menjadi travel blogger. Saat itu Oktober 2012, ketika ia melakukan perjalanan ke Banda Neira, Maluku Tengah, sekaligus menjadi pengalaman Terry mengunjungi Indonesia Timur untuk pertama kalinya.
Saking takjub dengan pemandangan Indonesia Timur, dua minggu sepulang dari Banda Neira, Terry pun memutuskan untuk resign dari tempat kerjanya. Ia mantap untuk mulai mengelola Negeri Kita Sendiri supaya dapat membagikan informasi tentang banyak sisi baik dan nilai positif negeri ini.
ADVERTISEMENT
"Karena kalau terus ngantor, kapan bisa ke banyak tempat di Indonesia?"
Menurutnya, Banda Neira seperti tempat yang tiada duanya. Di sana bisa keliling kota, mengulik peninggalan sejarah, bisa snorkling, diving, makan ikan segar sepanjang hari, bahkan bisa juga naik gunung. Tak ketinggalan penduduknya yang sangat ramah.
"Luar biasa, pokoknya ke Banda Neira ini kayaknya mataku baru melek soal Indonesia," ujar Terry kepada kumparan.
Selain Banda Neira, Terry juga mengungkapkan beberapa pengalaman yang menjadi turning point-nya. Sebab, ia meyakini bahwa setiap momen yang ia lalui bisa menjadi 'pembuka' dari setiap perjalanannya mengelilingi Indonesia.
Di tahun 2014, ia sempat menjadi tim ekspedisi Warisan Kuliner, meliput 6 provinsi di Maluku Utara dan Sulawesi. Pada tahun yang sama, ia juga menang di kompetisi blog Mahakarya Indonesia, dan berkesempatan menikmati hadiah berkunjung ke Ternate.
ADVERTISEMENT
Sesederhana itu pengen menangnya. Dan ternyata menang.
Setahun setelahnya, ia melanjutkan perjalanan ke Seram Timur, Maluku, menjadi bagian tim Ekspedisi Koon yang diadakan WWF Indonesia. Lalu memenangkan kompetisi blog lagi dan berhasil pergi ke Wamena.
"Baru setelah pulang dari Wamena itulah aku baru yakin, aku blogger beneran," tulis pemilik akun @negerikitasendiri.
Mengenal Terry Endropoetro, Travel Blogger di Balik Akun Negeri Kita Sendiri (14769)
Terry Endropoetro, Travel Blogger & Tarot Reader. Foto: Instagram/@negerikitasendiri
Bukan hanya seorang travel blogger, Terry juga ternyata adalah seorang pembaca tarot. Ia terbiasa menebar kartu tarot lalu kemudian menebak isi hati seseorang.
"Jadi kalau dibilang full time blogger, ya nggak juga. Karena aku juga tarot reader. Kalau dibilang full time tarot reader ya nggak juga. Kedua profesi ini sebanding dan sama-sama menghasilkan."
(sif)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white