• 0

Polisi Mulai Selidiki Dugaan Kelalaian dalam Minyak Tumpah di Kaltim

Polisi Mulai Selidiki Dugaan Kelalaian dalam Minyak Tumpah di Kaltim


Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (Foto: Aria Pradana/kumparan)
Polri tengah menyelidiki kasus tumpahan minyak di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur. Penyelidikan dimulai setelah polisi menemukan adanya dugaan kelalaian dalam peristiwa tersebut.
"Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalimantan Timur sudah minta keterangan beberapa orang terkait, karena memang ini ada dugaan kelalaian yang menimbulkan korban," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (20/4).
Setyo menyebutkan, penyidik belum menemukan pihak yang lalai sehingga terjadi bencana lingkungan tersebut. Hanya saja, dia mengungkapkan dua pihak yang mungkin nantinya dinyatakan sebagai penyebab peristiwa tumpahan minyak.
"Apakah dari perusahaaan dalam hal ini Pertamina atau dari kapal-kapal yang sedang sandar itu, kita belum bisa memastikan," sebut Setyo.

Kebakaran pipa minyak bawah air di Balikpapan.

Pemandangan tumpahan minyak di Balikpapan. (Foto: Instagram/@ranggaguns)
Untuk mencari pihak yang bertanggung jawab, polisi sudah mengambil sampel tumpahan minyak. Keterangan ahli juga dimintai selama penyelidikan.
Kasus ini hingga kini ditangani masih Polda Kalimantan Timur. Meski demikian, Mabes Polri memberikan dukungan lewat Pusat Laboratorium Forensik.
Tumpahan minyak di Teluk Balikpapan terjadi setelah kebakaran kapal pada Sabtu (31/3). Selain menyebabkan bencana lingkungan, dua nelayan tewas dan tiga nelayan lainnya dinyatakan hilang akibat peristiwa ini.

NewsTumpahan Minyak Mabes PolriKalimantan Timur

presentation
500

Baca Lainnya