kumparan
KONTEN PENGGUNA
23 Agustus 2018 12:10

4 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Ceritakan ke Bos Kamu

Memiliki bos yang baik memanglah menyenangkan. Apalagi bos yang cocok denganmu dan dapat bertukar cerita banyak dengannya. Namun, bukan berarti semua sisi kehidupanmu perlu diketahui oleh si bos. 
ADVERTISEMENT
Ada lho beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu ceritakan ke bos kamu. Apa saja ya itu?
1. Pekerjaan sampinganmu
Tentunya tidak etis jika kamu bercerita jika kamu punya pekerjaan sampingan pada bosmu. Si bos bisa saja memperbolehkan kamu untuk mengambil pekerjaan lain untuk menambah pundi-pundimu.
Namun hati-hati saja jika saat performa kerjamu buruk, si bos malah akan menyalahkanmu karena kamu tidak bisa membagi waktu dan konsentrasimu antara pekerjaan utamamu dan pekerjaan sampingan.
2. Kesalahan dalam pekerjaan
Kesalahan dalam pekerjaan kadang-kadang memang tak terelakkan. Namun sebagai karyawan yang baik, kamu harus bisa mengatasinya dengan baik agar pekerjaanmu dapat dinilai baik oleh bos, bukannya malah bercerita pada bos tanpa mencari solusi.
ADVERTISEMENT
Meskipun kesalahanmu sudah lewat dan telah teratasi, bukan berarti kamu bisa dengan mudah bercerita ke bosmu. Si bos malah akan menilai kamu adalah karyawan yang teledor dan tak dapat diandalkan. Jadi lebih baik simpan rapat-rapat kesalahanmu dan atasi sendiri.
3. Permasalahan pribadi
Sedekat apapun kamu dengan bosmu, ingatlah bahwa hubungan kalian adalah hubungan profesional antara karyawan dan atasan. Bosmu tak perlu tahu permasalahan pribadimu dengan anggota keluarga maupun dengan kekasihmu.
Dengan menceritakan permasalahan pribadi, bosmu akan menilai kalau kamu tidak bisa fokus dalam bekerja dan membiarkan emosimu mengacak-ngacak kinerjamu di kantor.
4. Mencari pekerjaan baru
Jika kamu saat ini sedang mencari pekerjaan baru, janganlah bercerita pada atasanmu. Lebih baik jaga informasi tersebut sampai kamu benar-benar mendapatkan pekerjaan baru. Tentu saja tidak ada bos yang suka jika karyawannya sibuk mencari pekerjaan baru.
ADVERTISEMENT
Jika ia mengetahuinya, bisa saja dia marah dan merasa kamu sudah tidak mau lagi bekerja di perusahaan saat ini. Hati-hati, bisa saja sikap bosmu jadi berubah ketus atau kamu malah bisa terkena pecat oleh atasanmu.
The Devil Wears Prada/Fox 2000 Pictures, Dune Entertainment, Major Studio Partners, Peninsula Films, Twentieth Century Fox
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan