• 1

USER STORY

6 Mitos Tentang Diabetes yang Ternyata Selama Ini Salah

6 Mitos Tentang Diabetes yang Ternyata Selama Ini Salah


Diabetes atau kencing manis adalah penyakit kronis yang ditandai adanya peningkatan kadar gula dalam darah, yang juga menandakan adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh. Makanan yang dimakan penderita diabetes akan diolah menjadi gula, atau biasa disebut glukosa. Glukosa diserap oleh usus lalu diedarkan ke seluruh tubuh oleh pembuluh darah.
Ada banyak larangan dan anjuran kesehatan untuk penderita diabetes, termasuk diet yang dilakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Simak beberapa fakta dan mitos diabetes untuk Anda di bawah ini.
1. Mitos: Diabetes bukan penyakit berbahaya
Faktanya: Penyakit diabetes menyebabkan kematian lebih banyak per tahun dibanding kanker payudara dan AIDS jika kedua penyakit tersebut digabungkan. Orang dengan diabetes hampir dua kali lebih berisiko terkena serangan jantung. Tetapi yang sedikit melegakan, jika diabetes Anda bisa dikontrol secara baik, Anda dapat mengurangi risiko terkena komplikasi diabetes yang berbahaya.
2. Mitos: Orang diabetes tidak boleh makan makanan manis
Faktanya: Fakta yang benar adalah bahwa pada saat Anda didiagnosis dengan diabetes, mulailah diet dengan bahan makanan yang bisa diubah menjadi energi. Gula merupakan sumber energi yang dapat dicerna tubuh agar Anda dapat memiliki energi secara maksimal, tetapi dengan dikonsumsi pada takaran yang wajar.
3. Mitos: Penderita diabetes harus diet dengan makanan khusus
Faktanya: “Diet diabetes yang sehat adalah diet yang sama untuk melakukan diet sehat,” ucap Alison Massey, seorang ahli diet diabetes di Diabetes Center of Mercy Medical Baltimore. The American Diabetes Association merekomendasikan diet diebetes dilakukan dengan makanan rendah lemak dan bahan makanan dibuat dari bahan makanan seperti gandum, sayuran, dan buah-buahan.
4. Mitos: Penderita diabetes dilarang makan kentang
Faktanya: Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi, tetapi Anda masih dapat menikmati kentang dengan resep yang sedikit dimodifikasi. Anda juga bisa makan makanan kaya karbohidrat lainnya, seperti pasta, roti, dan nasi hanya saja tidak dalam porsi berlebihan
5. Mitos: Penderita diabetes tidak boleh makan cokelat dan permen
Faktanya: Permen dan cokelat jika dibarengi dengan program diet sehat, atau dikombinasikan dengan olahraga, keduanya boleh dimakan oleh penderita diabetes. Strategi untuk mengonsumsi permen dan coklat, makanlah dengan porsi kecil tidak terlalu banyak, mengingat kesehatan penderita diabetes bergantung pada makanan yang dimakan. Lalu Anda bisa memakannya pada acara-acara khusus, selebihnya Anda bisa memakan makanan sehat saja.
6. Mitos: Penderita diabetes bebas memakan apa saja jika sudah meminum obat diabetes
Faktanya: Jika Anda menggunakan obat insulin untuk diabetes Anda, Anda dapat menyesuaikan jumlah dan takaran insulin yang Anda gunakan, untuk menyesuaikan jumlah makanan yang Anda makan. Tapi ini tidak berarti Anda bisa makan sebanyak yang Anda inginkan dan kemudian hanya menggunakan obat tambahan untuk menstabilkan tingkat gula darah Anda.
Jika Anda menggunakan obat diabetes, jangan mencoba untuk menyesuaikan dosis Anda untuk mencocokkan berbagai tingkat karbohidrat dalam makanan, kecuali jika sudah berkonsultasi dengan dokter. Sebaiknya Anda memilih menggunakan obat diabetes alami yang aman untuk dikonsumsi serta minim efek samping.

500

Baca Lainnya