• 0

USER STORY

Tips Mengobati Sinusitis Secara Alami

Tips Mengobati Sinusitis Secara Alami



Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah kantung udara (atau) rongga yang terbentuk oleh penghancuran jaringan atau oleh rongga abnormal. Sinus yang sehat diisi oleh udara, jika rongga ini diisi oleh cairan atau kuman akan berakibat terjadi peradangan.
Tergantung pada tingkat keparahan infeksi sinusitis ini mungkin dari akut, berulang akut dan kronis, meski semua ini memiliki gejala yang serupa namun bervariasi dari beberapa hari (atau) minggu sampai satu tahun.
1. Sinusitis Akut: Sebagian disebabkan oleh flu biasa atau infeksi karena tindakan mikroba. Dapat diobati dengan pengobatan rumah yang efektif dan berlangsung beberapa hari sampai satu bulan. 2. Sinusitis rekuren: ini bisa terjadi beberapa kali dalam setahun. 3. Sinusitis kronis: Ini bisa berlangsung dari satu bulan sampai satu tahun karena polip hidung.
Penyakit sinusitis biasanya diawali oleh virus, seperti flu. Virus tersebut akan membuat lendir menjadi kental sehingga tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. Penumpukan lendir itu menjadi sarana yang disukai bakteri untuk berkembang biak. Inilah mengapa infeksi virus berkembang menjadi infeksi bakteri.
Sinusitis ditandai dengan keluhan adanya riak terus menerus di tenggorokan, hidung tersumbat sangat sering, dan sakit kepala. Kenali beberapa gejala sinusitis lainnya seperti:
1. Gejala flu lebih dari seminggu
Biasanya sinusitis berawal dari gejala klasik flu, misalnya saja hidung gatal, meriang, tenggorokan gatal, dan perasaan lemah. Setelah tiga atau empat hari, gejala tersebut makin memburuk, dan di hari kelima atau ketujuh akan membaik. Jika sudah seminggu gejalanya tidak juga hilang, kemungkinan sudah terjadi infeksi bakteri.
2. Warna lendir berubah
Berbeda dengan pilek biasa, gejala sinusitis akan lebih berfokus pada sinus. Cairan dari hidung akan bertambah banyak dan warnanya menjadi kuning hingga hijau.
3. Batuk berdahak
Karena banyaknya lendir, terkadang cairan tidak bisa keluar melalui hidung dan dialirkan ke tenggorokan. Akibat dari masuknya lendir ke tenggorokan, maka lendir akan menumpuk dan bisa menyebabkan batuk berdahak.
4. Tekanan pada sinus
Infeksi sinus bisa membuat wajah dan area sinus (rongga udara di balik tulang wajah) terasa lebih tertekan, hingga terkadang menyebabkan sakit kepala. Ada juga orang yang merasa bagian sinusnya membengkak.
Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengurangi resiko penyakit sinusitis:
*Tidurlah dengan kepala terangkat, karena hal tersebut dapat membantu proses pengeringan lendir *Inhalasi uap (semprotan hidung) untuk mengobati infeksi sinus *Pelembab rumah untuk menyingkirkan bakteri penyebab sinusitis *Perbanyak minum air untuk menghilangkan infeksi sinus *Berhenti merokok *Konsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti suplemen Qnc Jelly Gamat





500

Baca Lainnya