3 Cara Lacak Plat Nomor Online dan via SMS

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
24 Juli 2023 14:32 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Lacak Plat Nomor. Unsplash/CUTTERSNAP
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Lacak Plat Nomor. Unsplash/CUTTERSNAP
ADVERTISEMENT
Ada beberapa cara lacak plat nomor yang sangat mudah dilakukan, baik secara online maupun menggunakan SMS.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman surakarta.go.id,plat nomor atau nomor kendaraan berisi sekumpulan huruf dan angka yang tersusun sedemikian rupa yang berfungsi sebagai identitas dari suatu kendaraan.

3 Cara Lacak Plat Nomor untuk Ketahui Identitas Pengendara

Ilustrasi Cara Lacak Plat Nomor. Unsplash/why kei
Cara lacak plat nomor ini berguna untuk mengetahui identifikasi pengendara dan sangat membantu untuk melaporkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan di jalan.
Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Lacak via e-Samsat

Cara pertama adalah memanfaatkan e-Samsat atau website Samsat. Selain berfungsi sebagai layanan membayar pajak secara online, website Samsat juga dapat membantu melakukan pengecekan plat nomor pengendara.
Dengan memanfaatkan situs e-Samsat di https://e-samsat.id, pengendara, mudah mendapatkan beberapa informasi penting mengenai kendaraan dan identitas pengendara, seperti model, warna, dan tahun kendaraan.
Berikut caranya:
ADVERTISEMENT

2. Lacak via SMS

Pengendara juga dapat melacak plat nomor kendaraan lain dengan menggunakan layanan SMS. Untuk cara ini terdapat format yang berbeda-beda di setiap domisili, berikut caranya:

3. Lacak via Aplikasi SIGNAL

Aplikasi SIGNAL merupakan aplikasi resmi dari Samsat, pada aplikasi ini juga pengendara dapat melakukan pembayaran pajak secara online dan berikut cara lacak plat nomor via aplikasi SIGNAL:
ADVERTISEMENT
Itulah cara lacak plat nomor secara online dan SMS. Gunakan cara ini secara bijak apabila melihat pelanggaran atau untuk melaporkan kejadian yang tidak mengenakan oleh pengendara lain. (Andi)
ADVERTISEMENT