3 Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed secara Legal

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
11 September 2023 13:31 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed, Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed, Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
ADVERTISEMENT
Salah satu kendala yang terjadi saat membuka Microsoft Word adalah product activation failed. Ketika menghadapi kendala tersebut, pengguna tentu mencari cara mengatasi Microsoft Word product activation failed.
ADVERTISEMENT
Pencarian tersebut memiliki tujuan agar lembar kerja Microsoft Word dapat kembali berfungsi seperti sediakala. Pasalnya, selama ada tulisan “product activation failed” pada lembar kerja Microsoft Word, aplikasi tersebut tidak dapat digunakan.

Product Activation Failed pada Microsoft Word

Ilustrasi Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed, Foto: Pexels/cottonbro studio
Mengutip dari buku berjudul Buku Ajar Pengantar Aplikasi Komputer karya Iskandar (2018: 74), Microsoft Word merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengolah kata. Contoh kegiatan mengolah kata adalah membuat surat, artikel, dan sebagainya.
Microsoft Word umumnya akan selalu berfungsi dengan baik selama aplikasi tersebut dipasang secara legal. Namun, pada beberapa kondisi, Microsoft Word bisa mengalami momen product activation failed.
Momen tersebut ditandai dengan munculnya tulisan “product activation failed” pada bagian title bar. Jika tulisan itu muncul, artinya Microsoft Word mengalami kegagalan aktivasi produk sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.
ADVERTISEMENT
Ketika kondisi itu terjadi, pengguna tidak dapat melakukan kegiatan mengolah kata di lembar kerja Microsoft Word. Jangankan untuk mengetik, seluruh menu dalam Microsoft Word pun tidak akan bisa diklik selama mengalami product activation failed.

3 Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed

Ilustrasi Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed, Foto: Pexels/Karolina Grabowska
Ketika menghadapi product activation failed pada Microsoft Word, seseorang tidak perlu terlalu gusar. Pasalnya, ada sejumlah cara mengatasi Microsoft Word product activation failed yang dapat diupayakan agar lembar kerja dapat kembali berfungsi.
Berikut tiga pilihan cara untuk mengatasi product activation failed pada Microsoft Word atau Microsoft Office yang mengutip dari laman support.microsoft.com:

1. Sign in ke Akun yang Benar

Cara sign in ke akun yang benar, yaitu:
ADVERTISEMENT

2. Periksa Salinan Office

Jika merasa alamat email sudah benar, seseorang dapat memeriksa salinan Office. Pasalnya, aktivasi bisa mengalami kegagalan jika seseorang menginstal beberapa salinan Office. Oleh karena itu, seseorang perlu memeriksa Salinan Office.
Berikut cara memeriksa salinan Office:

3. Periksa Status Langganan Microsoft

Cara memeriksa status langganan Microsoft Office, yaitu:
ADVERTISEMENT
Demikian dapat dipahami bahwa ada tiga cara mengatasi Microsoft Word product activation failed yang dapat pengguna upayakan. Pada intinya, pengguna Microsoft perlu mengingat email saat berlangganan, salinan produk, serta status langganan. (AA)