• 0

USER STORY

Terbaru, Pil Kontrasepsi Khusus Untuk Laki-Laki

Terbaru, Pil Kontrasepsi Khusus Untuk Laki-Laki


Jika selama ini pil kontrasepsi biasanya diminum oleh perempuan, baru-baru ini para peneliti telah berhasil mengembangkan sebuah pil kontrasepsi yang dikhususkan untuk para laki-laki. Dilansir dari laman Cosmopolitan, pil tersebut dinamakan dimenthandrolone undecanoate, atau disingkat menjadi DMAU.

Untuk menguji efektifitasnya, tim peneliti telah melakukan penelitian terhadap 83 laki-laki selama 23 hari, untuk menekan level testosteron serta hormon yang memproduksi sperma mereka. Dan yang mengesankannya, ternyata pil tersebut cukup efektif bekerja tanpa memberikan efek samping yang berarti.
Menurut Stephanie Page, seorang endrokinologis asal University of Washington School of Medicine, selama ini hanya ada tiga hal yang bisa menekan resiko kehamilan tidak diinginkan oleh laki-laki, yaitu dengan vasektomi, kondom, serta metode pull out atau mengeluarkan sperma di luar. Namun, dengan munculnya pil kontrasepsi yang diformulasikan bagi laki-laki, harapannya adalah bisa menjadi cara yang lebih baik untuk mengontrol kehamilan dengan efek samping sesedikit mungkin.
Sebelumnya, memang telah dilakukan berbagai penelitian lainnya untuk membuat alat kontrasepsi bagi laki-laki, seperti misalnya injeksi hormon yang bisa mengurangi jumlah sperma serta level testosteron dan gel injectable. Namun sayangnya, kedua alat tersebut dianggap kurang menjanjikan, karena bisa memberikan efek seperti mood yang buruk.
Nah, dengan suksesnya penelitian yang berhasil menemukan pil kontrasepsi untuk laki-laki ini, semoga saja ke depannya tanggung jawab untuk menggunakan alat kontrasepsi tidak lagi selalu diberatkan pada pihak perempuan. Jika laki-laki juga sudah bisa menggunakan pil kontrasepsi, maka kedua pasangan yang ingin mengontrol kehamilan bisa sama-sama saling bergantian untuk mengkonsumsinya.

SeksSeksualitasPriaKontrasepsiKesehatan

presentation
500

Baca Lainnya