kumparan
20 Des 2018 9:58 WIB

Bernostalgia dengan Lagu Ismail Marzuki di Konser Ananda Sukarlan "Millennial Marzukiana"

Pernah mendengar atau mengenal Ismail Marzuki? Bagi yang di Jakarta, mungkin akrab dengan yang namanya Taman Ismail Marzuki (TIM) yang berada di daerah Cikini, Jakarta Pusat. Tapi apakah kita kenal juga dengan karyanya?
ADVERTISEMENT
Kalau kita pernah mendengar atau akrab dengan lagu Indonesia Pusaka? Atau seperti Selendang Sutra? Lagu-lagu tersebut merupakan Karya Maestro Musik Indonesia, Ismail Marzuki, yang disebut dengan Bing Crosby dari Kwitang. Bahkan menyebutnya dengan Bing Crosby Betawi.
Pertanyaan ke-3 yang muncul adalah, apakah kita ernah mendengar konser lagu-lagu Ismail Marzuki? Mungkin pembaca hanya tahu konser Paramore, Chain Smokers, Guns n Roses, atau beberapa konser penyanyi Korea di Indonesia.
Jadi ceritanya begini. Mari kita memulai. Tahun 2018 ini, saya berkenalan dengan salah seorang musisi kondang, dan bagi saya dia seorang yang jenius. Namanya adalah Ananda Sukarlan.
Mengenai Ananda Sukarlan ini, saya sudah pernah menuliskan sebelumnya. Ketika itu saya bertemu dengan Ananda, di Ananda Sukarlan Music Center yang berada di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Dari perbincangan saya tersebut, Ananda bercerita bahwa dia memberikan pelajaran musik kepada anak-anak kurang mampu. Dan ketika bersua dengan Ananda tersebut, dia juga bercerita bahwa dia kerap menggelar konser.
Jadi pengen nonton !
Pekan ke-2 Desember 2018, Mas Ananda kemudian bercerita kepada saya. Dia akan menggelar konser tahun baru. Panasaran nih konsernya apaan. Dia hanya bilang temanya Millennial Marzukian. Saya jujur saja tidak memperhatikan benar.
Hingga...
Ananda Sukarlan dan Founder serta CEO Kaya.ID (bacanya kaya ide ya), Nita Kartikasari menggelar Diskusi kecil mengenai Konser Tahun Baru Ananda Sukarlan. Lagu siapa yang akan dibawa oleh Ananda Sukarlan?
Ismail Marzuki! Owalah, jadi Marzukian ini dari Ismail Marzuki toh. Terjawab memang, walaupun saya nggak panasaran-panasaran amat sih.
ADVERTISEMENT
Ananda Sukarlan bertutur, kenapa dia memilih musik Ismail Marzuki untuk di konser tahun barunya ini?
“Melodi dari Lagu Ismail Marzuki ini indah”
Begitu Ananda bercerita. Dia mengatakan, ingin sekali memainkan melody lagu-lagu Ciptaan Ismail Marzuki ini. Bukan hanya memainkan saja, dia ingin agar lagu-lagu Ismail Marzuki ini dikenal di dunia internasional, bukan hanya di Indonesia.
Okei kembali lagi ke konser tahun baru Ananda Sukarlan ini. Kenapa di depan Marzukian ada “Millennial”. Apakah pangsa pasar atau market target dari konser ini adalah kaum Millennial? Oh bukan ternyata.
Millennial di sini, karena Ananda Sukarlan dalam konser ini melibatkan musisi-musisi milenial. Mereka piawai dalam memainkan alat musik klasik seperti Piano, Biola, dan Harpa. Nama-nama Generasi Milenial yang terlibat dalam konser ini sebut saja, Jessica Sudarta (Harpist), Finna Kurniawati (Violist), Anthony Hartono (Pianist), Mariska Setiawan (Soloist) dan Aryo Widhawan (Tenor).
ADVERTISEMENT
Lanjut cerita, seperti apa konsernya? Ananda Sukarlan melanjutkan ceritanya, Konser ini akan berlangsung kurang lebih dua jam. Lagu-lagu yang akan dimainkan seperti Selendang Sutra, Melati di Tapal Batas, Indonesia Pusaka, Wanita, dan Halo-Halo Bandung serta Gugur Bunga yang akan “disatukan”.
Yang spesial dengan konser ini adalah, akan ada penampilan berbeda. Ketika lagu yang mengambil kisah klasik Indonesia yakni Malin Kundang dimainkan, akan ada penampilan tari balet. CEO General Electric Indonesia, Handry Satriago juga akan menarasikan cerita ini.
Makin tak sabar deh untuk menyaksikan konser ini. Trus kapan konsernya?
CEO Kaya.ID, Nita Kartikasari mengatakan, Konser ini akan digelar pada Minggu 13 Januari 2019 nanti. Lokasinya di Artpreneur Ciputra. Kenapa dibuat hari Minggu, karena menyasar pasar keluarga.
ADVERTISEMENT
Apalagi konser ini dimulai jam 16.00 WIB, jadi memang sangat pas untuk mengajak keluarga. Selesai konser kurang lebih jam 18.00, sehingga masih sempat makan malam bersama keluarga dan kembali untuk beristirahat karena besok sudah kembali bekerja dan anak-anak akan masuk sekolah.
Yang ingin membeli tiket konser ini, bisa membelinya lewat loket.com. Jangan sampai terlewatkan.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan