kumparan
KONTEN PENGGUNA
4 Oktober 2019 14:12

6 Tips Memanfaatkan Tugas Kuliah Menjadi Paper Ilmiah

IMG_6534.JPG
Ilustrasi seorang Mahasiswa sedang melakukan analisis
Hampir seluruh mahasiswa pernah diberikan sebuah tugas perkuliahan, baik dalam bentuk laporan kegiatan praktikum maupun tugas mandiri seminar hingga tugas akhir (skripsi). Beberapa mahasiswa menganggap tugas kuliah tersebut berat dan kadang menjadi momok menakutkan. Padahal manfaat dari tugas tersebut mendorong mahasiswa menjadi lebih aktif dalam menggali informasi serta tentunya memacu peningkatan wawasan sebagai nilai lebih dalam proses akademik.
ADVERTISEMENT
Tugas bukan hanya sekadar pelengkap syarat akademik, tetapi juga bisa menjadi modal untuk menjadikannya sebagai sebuah karya ilmiah yang dapat dipublikasikan di suatu forum ilmiah. Selain forum, publikasi dapat dilakukan di jurnal-jurnal. Sebelum merubah tugas kuliah menjadi paper ilmiah, pastikan hal-hal pokok berikut ini.
Pokok penting dalam penyampaian materi ini yaitu paper haruslah memiliki 6 poin penting yaitu;
  1. Asli (orisinal)
  2. Empiric
  3. First Finding/First Report
  4. Challenging
  5. Konsep Baru/Metode atau Model Baru
  6. Proses dan Kualitas Data yang Tinggi
Selain itu peserta dikenalkan tips dan triknya agar paper penelitiannya menarik dan mempunyai nilai lebih. Berikut beberapa rangkuman penting mengenai kiat mengubah tugas kuliah menjadi sebuah dasar karya ilmiah:
  1. Asli: Belum dikerjakan orang lain dan belum di publikasikan.
  2. Empiris: Ketersediaan data yang mendukung, hal ini bisa berkaitan dengan kuantitas dan kualitas data.
  3. First finding: Hasil penelitian yang berupa data baru ditemukan akan lebih menarik.
  4. Challenging: Adanya sebuah hasil interpretasi baru dari penelitian sebelumnya yang sudah ada.
  5. Konsep baru: Dikemukakan sebuah konsep maupun metode baru pada satu topik pembahasan yang sama dengan hasil interpretasi maupun model yang berbeda.
  6. Kualitas data yang tinggi: Sebuah metode, sistematis, alat dan bahan yang digunakan selama penelitian berlangsung akan menunjukkan kualitas proses penelitian. Misal adanya penggunaan peralatan laboratorium yang canggih akan terlihat menarik dibandingkan menggunakan peralatan yang biasa saja.
ADVERTISEMENT
Dengan modal hal di atas, tugas tersebut dapat kita jadikan sebuah karya ilmiah yang dapat di publikasikan pada platform yang ada dengan menyesuaikan topik dan pembahasan terhadap tema lembaga publikasi agar sesuai dan pembaca dapat dengan mudah menemukan karya ilmiah saudara.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan