Pentingnya Labelisasi Halal di Produk Supermarket Luar Negeri

Mahasiswa Ilmu Ekonomi Syariah IPB University
Konten dari Pengguna
28 Maret 2022 15:04
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Tresna Lestari Dewi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pentingnya Labelisasi Halal di Produk Supermarket Luar Negeri (516889)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Tresna Lestari Dewi
ADVERTISEMENT
Banyaknya masyarakat muslim yang menyebar di dunia telah menyebabkan berkembangnya potensi ekonomi halal di dunia. Perkembangan ekonomi halal ini pun telah memasuki banyak sektor di industri seperti fashion, kosmetik, farmasi, travel dan tentunya food. Dikutip dari pewresearch.org, jumlah penduduk muslim di dunia saat ini mencapai lebih dari dua miliar. Hal tersebut membuat Islam menjadi agama dengan pemeluk terbanyak kedua di dunia.
ADVERTISEMENT
Dengan banyaknya masyarakat muslim di dunia , adanya logo halal pada setiap sektor industri akan sangat berpengaruh pada ekonomi halal di dunia. Sertifikasi halal mutlak diperlukan karena sejumlah pasar luar negeri merupakan pasar global dimana saat ini telah banyak masyarakat dunia, khususnya masyarakat muslim yang sadar akan mengonsumsi produk yang baik dan halal.
Landasan hukum produk halal sesuai syariat Islam antara lain terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 168 yang artinya, "Wahai manusia Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan, sungguh setan musuh yang nyata bagimu".
Bagi masyarakat di Indonesia sudah pasti tidak asing bagi kita melihat produk jajanan di supermarket yang memiliki label halal. Akan tetapi, apakah kita akan mudah mendapatkan produk berlabel halal di supermarket luar negeri?
ADVERTISEMENT
Bisa dibayangkan bagaimana resahnya masyarakat muslim ketika mereka hendak memenuhi kebutuhan makanan halal mereka di negara non muslim? Hal itu pasti sulit karena masih sangat sedikit tempat makan diluar sana yang menjual makanan halal ataupun bersertifikasi halal. Maka dari itu jajanan seperti snack dan lainnya yang selalu tersedia di dalam supermarket akan selalu menjadi alternatif bagi mereka. Dimana setidaknya makanan seperti snack itu mayoritas tidak akan memasukkan bahan yang haram apalagi kita dapat melihat komposisinya pada produk – produk tersebut.
Akan tetapi yang menjadi permasalahan , ada beberapa dari masyarakat muslim yang masih saja bingung dan resah ketika melihat snack di luar sana tidak mencantumkan logo halal. Karena kita tidak dapat memastikan bahwa makanan itu tidak mengandung bahan yang tidak halal maupun dalam pengolahannya.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu sangatlah diperlukan labelisasi halal pada snack supermarket di seluruh dunia yang tentu akan memberikan rasa aman, nyaman, tenteram dan layak dikonsumsi oleh konsumen muslim. Juga sudah merupakan syariat Islam mewajibkan konsumen muslim untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal.
Tentunya pelabelan logo ini sangatlah tidak mudah dilakukan serentak di seluruh negara di dunia. Akan tetapi setidaknya dengan pentingnya hal ini, negara muslim bahkan non muslim diluar sana dapat lebih sadar lagi akan pelabelan halal pada produk – produk supermarket mereka.
Sebab selain akan menambahkan keuntungan bagi mereka, produk halal ini pun sudah dapat dipastikan mengandung bahan yang aman dan pastinya baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat dunia khususnya untuk masyarakat muslim dimanapun mereka berada.
ADVERTISEMENT