kumparan
29 Jan 2018 18:42 WIB

4 Cara Mengidentifikasi Lowongan Kerja Resmi

Adanya kemudahan komunikasi setelah perkembangan teknologi yang amat pesat membuat orang dengan mudah menyebarkan informasi. Termasuk informasi lowongan pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, orang tetap harus berhati-hati karena tidak sedikit mereka yang ingin mengambil keuntungan dengan menyediakan informasi lowongan kerja hoax.
Job interview (Foto: Thinkstock)
1. Buka website resmi
Cara mudah menentukan informasi lowongan pekerjaan yang baru disebar adalah dengan membuka website resmi perusahaan bersangkutan. Mencurigakan jika dalam website resmi tidak ada info loker seperti yang tersebar di media sosial.
2. Hubungi contact person
Ini pernah terjadi saat pengumuman seleksi pegawai negeri sipil akan berlangsung. Berbagai pesan berantai soal lowongan PNS di berbagai kementerian menyebar. Akan tetapi setelah dikonfirmasi ternyata info tersebut hoax.
3. Kenali mana link asli dan abal-abal
Saat ini orang bisa membuat website sendiri beserta konten yang meyakinkan orang banyak. Akan tetapi, sadari bahwa perusahaan akan membuat domain website yang resmi dan telah diverifikasi, misalnya domain berujung go.id merupakan website terpercaya pemerintah.
ADVERTISEMENT
4. Penipuan biasanya berujung uang
Ingatlah bahwa tujuan orang membuat lowongan pekerjaan palsu adalah karena uang. Karenanya saat dinyatakan lolos seleksi kita harus mampu mengenali tindak penipuan jika diharuskan transfer jumlah tertentu ke rekening pribadi.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan