kumparan
KONTEN PENGGUNA
15 Juni 2019 0:09

Potongan Kepala Serigala Raksasa Berusia 40.000 Tahun Ditemukan di Rusia

Trubus.id -- Musim panas lalu, seorang lelaki Rusia berjalan-jalan di sepanjang tepi Sungai Tirekhtyakh di Yakutia ketika dia melihat pemandangan yang mengerikan. Kepala serigala purba yang terpenggal. Kepala itu terawat dengan baik karena lapisan es dan masih menempel rambut penuh dan taring yang tajam.
ADVERTISEMENT
Pria itu, Pavel Efimov, menyerahkan kepala kuno kepada para ilmuwan yang meneliti kehidupan mahluk hidup yang menghuni muka bumi lebih dari 40.000 tahun yang lalu, atau akhir zaman Pleistocene, menurut The Siberian Times. Analisis mereka juga mengungkapkan bahwa serigala sudah dewasa dan berusia antara 2 dan 4 tahun ketika ia mati. 
Kepala yang terputus memiliki panjang 16 inci (40 cm). Itu sekitar setengah ukuran tubuh serigala modern, yang dapat berkisar dari 26 inci (66 cm) hingga 34 inci (86 cm) panjangnya, menurut The Siberian Times.
Ini adalah sisa-sisa pertama yang ditemukan dari serigala yang telah tumbuh baik dari Pleistocene, menurut Times. Tetapi orang-orang sebelumnya telah menemukan sisa-sisa serigala kuno lainnya, seperti anak serigala mumi yang hidup lebih dari 50.000 tahun yang lalu di Kanada.
ADVERTISEMENT
Kembali pada tahun 2015, para ilmuwan menganalisis pemisahan evolusi antara anjing dan serigala menggunakan DNA dari tulang rusuk serigala berusia 35.000 tahun yang ditemukan di Siberia, Live Science sebelumnya melaporkan.
Sekarang, para ilmuwan di Museum Sejarah Alam Swedia akan memeriksa DNA dari kepala serigala yang baru ditemukan dan membandingkan informasi genetik dengan serigala modern, The Siberian Times melaporkan. Kepala serigala dipamerkan di Tokyo sebagai bagian dari pameran mammoth berbulu dan makhluk beku lainnya. [RN]
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan