News
·
10 Februari 2021 14:56

10 Warga Kulon Progo Keracunan Tempe Benguk

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
10 Warga Kulon Progo Keracunan Tempe Benguk (110238)
Ilustrasi sakit perut. Foto: Pixabay
Sepuluh warga Trukan, Kulur, Temon Kulon Progo mengalami keracunan makanan usai menyantap makanan tradisional berupa tempe benguk. Mereka mengeluhkan mual dan diare sehingga terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit.
ADVERTISEMENT
Sepuluh orang ini semuanya masih satu pedukuhan, yakni Muh Dahlan (48), Tri Utami (39), Sujilah (61), Slamet (68), Subari (71), Anisa Hidayati (17), dan Rukiyem (72), Suratmi (53), Suparmi (51) dan Fadhil Dwi Cahyo (11) opname di Rumah Sakit Riski Amalia Media Temon.
Kabag Humas Polres Kulon Progo, Ipti I Nengah Jefry mengatakan, peristiwa tersebut bermula dari pedagang sayur keliling. Senin (8/2/2021) kemarin, Sarmi yang merupakan pedagang sayur keliling menjenguk saudaranya bernama Suprapti.
"Dia membawakan oleh-oleh berupa tempe benguk yang memang cukup diminati keluarganya,"ungkapnya Rabu (10/2/2021) ketika dikonfirmasi ke nomor pribadinya.
10 Warga Kulon Progo Keracunan Tempe Benguk (110239)
adv
Oleh-oleh ini kemudian dibagikan kepada kepada anak Suprpati, Pujiyanto dan Muh Dahlan. Selanjutnya makanan ini disantap bersama keluarganya masing-masing. Namun setelah mengonsumsi, mereka merasakan mual dan diare dan periksa ke tenaga medis.
ADVERTISEMENT
Secara umum kondisinya cukup baik, mereka hanya menjalani rawat jalan usai mendapatkan penanganan medis. Sepuluh orang ini sempat periksa ke bidan Yanti (Kulur), Bidan Kartiyem (Tawangsari), Klinik PKU Muhammadiyah Wates dan di Riski Amalia, Temon.
“Tinggal satu yang rawat inap yang lain hanya rawat jalan,” terangnya.
Jajaran Reskrim telah berusaha menyelidiki kasus tersebut. Namun para korban belum bisa dimintai keterangan karena sudah istirahat.