kumparan
14 Sep 2019 9:53 WIB

Berjalan Santai Membuat Mood Baik dan Perasaan Gembira

Sejumlah perempuan sedang berjalan di Alun-alun Utara Yogyakarta. Foto: Birgita.
Berjalan memang merupakan olahraga yang membawa beragam manfaat bagi kesehatan. Karena murah dan tak butuh alat, kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Di samping manfaat berjalan, ada hal yang tak boleh dilupakan yakni cara berjalan yang benar.
ADVERTISEMENT
Sekilah terlihat sepele, namun cara berjalan ada tekniknya. Hal inilah yang jarang disadari oleh kebanyakan orang. Penyebabnya bisa banyak hal antara lain, berjalan terburu-buru, menggunakan gadget sambil berjalan, atau bahkan menggunakan sepatu berhak tinggi terlalu lama untuk berjalan.
"Orang sering buru-buru kalau jalan. Kita tidak menyadari bahwa berjalan santai ternyata bisa pengaruh ke mood," ujar Lonneke Vega, salah satu instruktur Miracle Walking saat ditemui di Alun-alun Utara, Jumat (13/9/2019).
Dia mengatakan cara berjalan cenderung terburu-buru dapat berdampak pada mood seharian. Orang yang berjalan lebih santai dan berjalan dengan benar bisa memiliki perasaan yang baik seharian. Hal ini juga bahkan dituliskan dalam sebuah buku Rahasia Alami Berjalan oleh Irmansyah Effendi. Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa cara berjalan berefek pada emosi dan mood.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh percobaan dalam buku tersebut, seseorang diminta memikirkan hal yang tidak disenangi. Kemudian ia diminta untuk berjalan dengan dua gaya yang berbeda, satu tergesa-gesa sementara yang lainnya berjalan santai. Mengutip dari buku tersebut, ditemukan bahwa saat orang sedang berada dalam emosi yang buruk, cara berjalan tergesa justru menambah para emosi tersebut.
"Apabila cukup peka, anda dapat merasakan walaupun sedang berpikir mengenai hal yang persis sama, saat anda berjalan sambil terburu-buru emosi negatif anda jauh lebih kuat dibanding saat berjalan dengan santai" tulis Irmansyah.
Sejumlah perempuan sedang berjalan di Alun-alun Utara Yogyakarta. Foto: Birgita.
Di Jogja sendiri rupanya ada penggiat gaya berjalan yang benar. Komunitas Miracle Walking sendiri sebetulnya sudah banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia salah satunya Jogja. Setiap Minggu pagi, mereka akan berjalan di area Alun-alun Utara.
ADVERTISEMENT
Mereka meyakini cara berjalan yang tepat tak hanya bisa meningkatkan mood yang positif, juga bisa memperbaiki bentuk tubuh dan meningkatkan energi. Bahkan cara berjalan juga dipercaya dapat meningkatkan sistem penyembuhan alami tubuh.
Secara alami tubuh memiliki respon untuk menyembuhkan diri sendiri dari penyakit. Cara berjalan yang tidak tepat menjadi salah satu alasan penurunan fungsi ini. Inilah yang menjadi perhatian dari para penggiat Miracle Walking ini.
Banyak anggota mengaku merasakan manfaat berjalan lebih santai ala Miracle Walking ini. Di antaranya adalah otot tubuh menjadi rileks, pembentukan tubuh, tidak mudah lelah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dan yang terakhir mood jadi lebih baik.
"Kita sering kali berjalan tanpa sadar melindas jalan buru-buru. Padahal kalau kita lebih santai dan rileks, manfaatnya banyak. Jadi lebih ceria dan bersemangat" ungkap Rini salah satu koordinator Miracle Walking. (Birgita/adn)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·