Pencarian populer

Harga Cabai di Temanggung Tembus Rp 45 Ribu per Kilogram

Ilustrasi Cabai. Foto: Kumparan.
Harga komoditas cabai di Kabupaten Temanggung mengalami kenaikan harga yang cukup signfikan, baik di tingkat petani maupun di pasaran umum. Kenaikan harga sudah mulai terasa sejak beberapa hari terakhir.
ADVERTISEMENT
Zudin (41) petani cabai di Ketitang, Kecamatan Jumo, mengatakan, harga cabai rawit di tingkat petani saat ini mencapai Rp 40.000 per kilogram. Harga tersebut naik dua kali lipat dari sebelumnya di angka Rp 20.000 per kilogram.
"Sekarang ini harga cabai memang sedang tinggi-tingginya, seperti cabai rawit ditingkat petani dihargai Rp 40.000 per kilogram. Sebuah harga yang cukup tinggi bagi petani, dan kenaikan disebabkan karena stok barang sudah mulai berkurang," ujarnya Selasa (16/7/2019).
Sementara itu di pasar tradisional cabai keriting merah mencapai harga Rp 45.000 per kilogram. Harga tersebut berangsur-angsur mengalami kenaikan dari sebelumnya yang masih berada di kisaran Rp 40.000 per kilogram.
Siti (45) pedagang sayur di Pasar Kliwon Temanggung menuturkan, kenaikan harga disebabkan karena pasokan dari petani sudah mulai menipis. Minimnya barang secara otomatis membuat harga meroket. Namun, karena bahan baku sambal ini diperlukan maka masyarakat tetap membeli meski secara kuantitas menjadi berkurang.
ADVERTISEMENT
"Kalau belinya sih tetap ada yang beli, tapi ya itu jumlahnya jadi sedikit. Misalnya biasanya pada beli setengah kilogram sekarang paling beli seperempat kilogram atau seperlunya saja. Alasannya karena harganya mahal,"katanya.
Kendati demikian, tidak semua harga cabai mengalami kenaikan, seperti harga cabai keriting hijau yang berada di kisaran Rp 25.000 per kilogram. Kenaikan harga cabai di Temanggung saat ini diperkirakan juga karena rata-rata petani sedang menanam tembakau sehingga persediaan cabai dari petani lokal minim, sehingga harus mendatangkan dar luar daerah seperti Wonosobo, Ambarawa, dan Bandungan Semarang.(ari/adn)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85