Pencarian populer

Harley Davidson Klasik Pecahkan Rekor MURI di Prambanan

Sebanyak 242 Motor Harley Davidson (HD) keluaran antara 1903 hingga 1984 memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada Sabtu (21/7). Ratusan kendaraan besar tersebut berhasil membuat rekor dengan kategori konvoi HD Vintage dari Candi Prambanan ke Tebing Breksi di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua Panitia Penyelenggara, Boyke Soerianata mengatakan, latar belakang dari acara ini karena keinginan untuk menampilkan hal yang unik. Serta dibumbui dengan mengangkat kearifan lokal yang ada.

"Kami saat konvoi memakai baju Sorjan (pakaian adat Jawa), kemudian memakai helm. Sampa di sana (Breksi) kemudian memakai Blangkon (penutup kepala)," katanya ditemui di kompleks Candi Prambanan, Sabtu (21/7).

Lanjut pria yang juga sebagai Ketua Umum Vintage Harley Davidson Enthusiast Indonesia (VHDI) ini, dipilihnya Candi Prambanan sebagai tempat berkumpulnya para penunggang HD Vintage ini juga karena ada alasan tersendiri. "Karena ada budaya dan cagar alam juga," katanya.

Selain melakukan pemecahan rekor MURI, para bikers juga bakti sosial. Seperti penanaman bibit 1.000 pohon, dan juga menyumbang sejumlah dana ke anak-anak panti asuhan. "Ada 3 titik untuk berangkat ke Jogja, yaitu Jakarta, Bandung, dan Surabaya," ucapnya.

Saulus Lacaden, salah satu panitia penyelenggara acara ini menambahkan, event ini juga sebagai upaya mempertahankan motor HD Vintage yang saat ini sudah banyak yang dijual pemiliknya ke luar negeri. "Karena iming-iming harga jualnya tinggi, banyak yang dijual ke luar," katanya.

Dulu harga motor HD keluaran lama biasanya harga di pasaran Rp 30-35 juta. Namun saat ini sudah mencapai lebih dari Rp 350 juta.

Menurut pria yang juga dari klub HD dari Bandung, Jawa Barat ini, dalam event juga diprioritaskan motor-motor keluaran lama yang ikut. Seperti tipe UL, WLA, Sportster, JD.

Eksekutif Manajer dari MURI, Sri Widayati mengatakan, rekor yang dipecahkan ini berupa konvoi HD sebanyak 242 kendaraan Vintage. Dicatat pada nomor 8.511 rekor MURI. "Kami berikan ke Ketuanya, Boyke Soerianata," katanya.

Kategori ini di MURI belum pernah ada. Sebelumnya berupa pemecahan rekor pengumpulan HD di bawah tahun pembuatan 1963. Yaitu pada 27 Mei lalu di Semarang. "Saat itu ada 32 kendaraan HD," katanya.

Selain itu juga ada konvoi HD sebanyak 816 kendaraan tanpa dibatasi tahun produksinya. Yaitu pada Januari 2011 lalu di Jakarta. (ATX)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: