News
·
16 April 2021 12:12

Hendak Sahur, Seorang Anak di Gunungkidul Temukan Ibunya Gantung Diri

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
Hendak Sahur, Seorang Anak di Gunungkidul Temukan Ibunya Gantung Diri (81842)
Ilustrasi gantung diri. (Foto: Pixabay/ArtWithTammy)
Jumat (16/4/2021) dinihari Sumilah (48) Padukuhan Wunung RT 03/2 Kalurahan Wunung, Kapanewonan Wonosari Gunungkidul ini nyaris pingsang usai bangun tidur untuk makan sahur. Bagaimana tidak, wanita ini menemukan ibunya gantung diri di dapur rumah mereka ketika dirinya hendak membangunkan orangtuanya tersebut untuk makan sahur.
ADVERTISEMENT
Mbah Karbinah, perempuan berusia 82 tahun asal ditemukan tewas gantung diri dengan menggunakan seutas tali di blandar dapur rumah mereka. Dengan menggunakan pakaian serba hijau, perempuan renta ini ditemukan meninggal gantung diri.
Kapolsek Wonosari, AKP Mugiman mengungkapkan sekitar pukul 03.30 WIB, Sumilah hendak pergi ke dapur karena ingin memasak untuk membuatkan sahur keluarganya. Wanita ini terkejut bukan main karena sesampainya di dapur, ia melihat ibunya sudah tergantung di sebuah blandar (kuda kuda).
"Blandar itu tingginya sekitar 220 cm. wanita ini langsung kaget," terangnya, Jumat.
Melihat ibunya tergantung, Ia bergegas kembali ke kamarnya untuk memberitahu perisitiwa tersebut kepada suaminya. Keduanya lantas mendatangi dapur dan berteriak meminta tolong. Seketika itu warga langsung mendatangi lokasi kejadian untuk memastikan peristiwa apa yang terjadi.
ADVERTISEMENT
Peristiwa tersebut lantas dilaporkan ke Perangkat Desa setempat dan dilanjutkan ke Mapolsek Wonosari dan juga Koramil setempat. Sejurus kemudian, petugas Polsek Wonosari bersama dengan Petugas Puskesmas Wonosari I datang ke lokasi kejadian.
Petugas langsung mengevakuasi jasad korban dan memeriksa kondisi Mbah Karbinah. Dalam pemeriksaan tersebut, petugas tidak menemukan adanya bekas penganiayaan pada jasad korban. Hasil dari pemeriksaan dari tim Medis Puskesmas Wonosari 1 pada jasad korban, memang tidak ada luka, lidah menjulur.
Selain itu juga ada bekas jeratan di leher, Dubur mengeluarkan cairan, Kemaluan mengeluarkan darah, Kondisi badan sudah kaku, diperkirakan korban sudah meninggal beberapa sebelum ditemukan gantung diri oleh anaknya. Sehingga pihaknya menyimpulkan Mbah Karbinah meninggal murni karena bunuh diri.
ADVERTISEMENT
"Jenazah langsung kami serahkan ke pihak keluarga untuk segera dimakamkan," ujarnya.
Mugiman menyebutkan, berdasarkan keterangan keluarga korban, dalam 2 minggu terakhir korban sering mengeluh sakit di kepala alias pusing. Peristiwa ini tentu menggegerkan warga sekitar.
Tonton video menarik dari Tugu Jogja berikut ini: