IKM Pangan di Kota Magelang Didorong Terapkan Standar Mutu

Konten Media Partner
26 September 2022 19:02
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Wali Kota Magelang, HM Nur Aziz. Foto: istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Wali Kota Magelang, HM Nur Aziz. Foto: istimewa
ADVERTISEMENT
Jumlah industri kecil dan menengah (IKM) pangan di Kota Magelang kian banyak seiring berjalannya waktu. Namun, produk tersebut perlu didukung dengan standar pangan.
ADVERTISEMENT
Wali Kota Magelang, HM Nur Aziz mendorong pelaku IKM Pangan di Kota Magelang dapat memberikan kualitas yang terbaik bagi konsumennya.
"Setiap produk harus ada standar mutunya sesuai yang ditetapkan. Selain mutu, permasalahan untuk UMKM juga pada pemasaran. Nanti harus ada festival, agar mutunya bisa dinilai," katanya, dalam Pelatihan Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP) bagi IKM Pangan, Senin (26/9/2022).
Pihaknya optimis produk makanan dari Kota Magelang bisa dipasarkan lebih luas. Tak hanya itu, pelaku IKM pangan juga didorong kembangkan digital marketing.
"Magelang ini kota kecil, sehingga mutu dari makanan disini harus dijaga. Jangan berpikir pasarnya hanya dari Kota Magelang, tapi berpikir pasarnya di luar Kota Magelang. Karena penduduk kita hanya 127.400 jiwa," paparnya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, produk makanan dari Kota Magelang sudah layak dipasarkan ke tingkat nasional hingga luar negeri.
Kepala Disperindag Kota Magelang Syaifullah mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang manajemen mutu pangan, yang dipersyaratkan apabila usaha olahan pangan ini ingin menembus pasaran yang lebih luas, terlebih pasar ekspor.
"Pengetahuan tentang HACCP ini meliputi pengenalan prinsip-prinsip produksi yang memenuhi syarat keamanan proses produksi di setiap tahapannya, hingga tersaji di hadapan konsumen sebagai produk yang aman untuk dikonsumsi," jelas Syaifullah. (ari)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·