kumparan
18 Juli 2019 12:17

Jejak Gempa dan Tsunami Ditemukan di Pantai Selatan Jawa Hingga Bali

Ilustrasi Gempa (K).png
Ilustrasi gempa di Indonesia. Foto: Kumparan.
Para peneliti mengaku menemukan jejak gempa dan tsunami besar terjadi di sepanjang pantai selatan pulau Jawa. Dari jejak yang mereka temukan tersebut, para peneliti memperkirakan kejadian tsunami yang cukup besar tersebut berlangsung ribuan tahun yang lalu.
ADVERTISEMENT
Ahli gempa dan tsunami sekaligus rekayasa Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) Widjo Konko menyebutkan, sebenarnya sampai saat ini belum ada data atau rekaman pasti terkait dengan Kejadian gempa dan tsunami besar yang terjadi di sepanjang pantai selatan pulau Jawa. Pemerintah hanya memiliki rekam data gempa dan tsunami pada kejadian tahun 2006 dan 1996.
Sementara untuk kejadian tahun 1921 dan 1820 mengungkapkan hanya ada catatan gempa tetapi tidak ada detailnya seperti apa. Pada kejadian gempa tahun 2006 yang lalu catatan lebih detail hal demikian juga pada kejadian gempa tahun 1994 Magnitute 7,8.
"Kejadian 2006 ada catatan dan tahun 1994 lebih detail," ujarnya, Rabu (17/7/2019) di kantor Pusdalops DIY.
Sedangkan kejadian gempa pada tahun 1921, 1870 dan sebelumnya hanya ada catatan tentang kejadian gempa di Selatan, tetapi ketinggiannya berapa juga tidak ada catatan.
ADVERTISEMENT
Di tahun 2004 dan 1996 Gempa yang terjadi magnitutnya mencapai 7,8. Jadi yang yang dibuat sekarang adalah 8,8 magnitudo. Meskipun naik hanya satu poin tetapi kejadian itu memungkinkan 33 kali lebih besar karena kalau 1 magnitut itu artinya 33 kali.
Sementara itu rekan-rekannya yang bergerak dalam bidang khasanah ilmu Palep tsunami karena mereka sudah melakukan ekspedisi hubungan dengan tsunami tersebut. Tersebut juga telah menemukan namun belum dipublish terkait dengan jejak tsunami yang terjadi di sepanjang pantai selatan pulau Jawa.
"Namun dalam diskusi internal atau forum BNPB sudah dikemukan temuan tersebut," ungkapnya.
Menemukan lapisan sedimen tsunami di sepanjang mulai Jawa Barat di Lebak sampai ke Bali. Di mana tsunami masa lalu yang besar di tahun 1400 sampai 1500 tahun yang lalu itu terjadi. Dari hasil radioaktif tersebut umurnya hampir mirip dari sepanjang Lebak Jawa Barat hingga Pulau Bali.
ADVERTISEMENT
"Karena umurnya sangat mirip sepanjang 1000 km lebih maka kami berasumsi bahwa dulu pernah ada yang mencapai Magnitut 9 di pantai selatan pulau Jawa," paparnya.
Tsunami besar tersebur bisa mengirimkan atau sedimen yang wujudnya sama rentangnya sangat jauh. Misalnya umurnya di Lebak sama di Bali hampir sama, hal ini menunjukkan jika kejadian tsunami adalah sama. Kalau rentang lokasinya sangat jauh Berarti resourchenya cukup besar.
"Di Aceh, saya juga melakukan studi bersama Catherine itu menemukan mereka (kejadian tsunami besar) terjadi 600 tahun sekali. Dan di Thailand saya menemukan hal yang sama,"terangnya. (erl/adn)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan