kumparan
KONTEN PUBLISHER
6 Maret 2019 6:49

KPU: Akomodasi Peserta Kampanye Tidak dalam Bentuk Uang

Screenshot_20190306-064624_Chrome.jpg
Ilustrasi Pemilu. Foto: Istimewa
Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU DIY, Ahmad Shidqi, mengingatkan agar pemberian akomodasi transportasi kepada peserta kampanye pemilu bukan dalam bentuk uang.
ADVERTISEMENT
Sebab, Shidqi menuturkan, pemberian akomodasi bagi para peserta kampanye tidak akan menuai masalah selama bukan dalam bentuk uang.
"Itu sudah diatur dalam surat edaran, pemberian transport itu engga masalah, biaya transport, tetapi bukan dalam bentuk uang," kata Shidqi di Yogyakarta, Selasa (5/3/2019) malam.
Sebagaimana aturan mengenai biaya uang makan, minum dan transport peserta kampanye Pemilu 2019 sudah diatur dalam surat edaran KPU SK Nomor 278/PL.02.4-Kpt/06/KPU/I/2019.
Ia mencontohkan, pemberian akomodasi seperti bensin di pom dalam bentuk kupon, konsumsi dalam bentuk makanan seperti nasi, air minum dan lain sebagainya.
"Itu nggak masalah, yang penting tidak diterima (peserta kampanye) dalam bentuk uang," paparnya.
Namun, lanjut Shidqi, jumlah pemberian akomodasi yang berbentuk kupon ataupun lainnya juga harus sesuai dengan standar harga biaya sesuai Peraturan Daerah (Perda) daerah masing-masing.
ADVERTISEMENT
"(Jumlahnya) sesuai dengan standar biaya di daerah masing-masing, di Sleman berapa, Bantul berapa. Disesuaikan dan tidak boleh lebih dari itu. Dan itu bukan dalam bentuk uang," ujarnya. (Ken/adn)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan