Pencarian populer

Lawan Ancaman Persatuan Bangsa, PSI: Tidak Ada Pribumi dan Non-Pribumi

Grace Natalie, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) saat berpidato, Senin (11/2/2019). Foto: Nadhir Attamimi.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, menegaskan bahwa melawan segala bentuk ancaman bagi persatuan masyarakat adalah prioritas pertama yang harus diselesaikan hari ini. Salah satu bentuk dari ancaman itu adalah diskriminasi di tengah masyarakat.

"Ancaman itu datang dalam berbagai bentuk, ada yang ingin mengganti NKRI, ada yang ingin mengganti keberagaman dengan fahamnya sendiri dengan menyelundupkan regulasi diskriminatif," kata Grace , Senin (11/02/2019) malam.

Dalam pidato politiknya yang berjudul 'Musuh Utama Persatuan Indonesia', Grace menegaskan bahwa seluruh masyarakat Indonesia itu harus diperlakukan sama antara satu dengan yang lainnya. Namun seringkali terjadi dikotomi-dikotomi tertentu yang pada akhirnya mengkotak-kotakkan masyarakat.

"Konsep kewarganegaraan mengandaikan semua warga negara setara. Tidak ada dikotomi mayoritas dan minoritas. Tidak ada pribumi dan non-pri. Tidak ada warga negara kelas satu dan kelas dua. Semua sama dan setara sebagai warga negara Indonesia," tegas Grace.

Kenyataannya istilah pribumi dan non-pribumi masih sering digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Rancu rasanya ketika penghuni masyarakat Indonesia sendiri masih mengkotak-kotakkan sesama warga negaranya sendiri walau hanya dengan istilah.

Grace menegaskan istilah pribumi dan non-pribumi sangat berbahaya bila tetap digunakan. Grace mengimbau sudah seharusnya masyarakat membuang jauh-jauh istilah tersebut. (Nadhir Attamimi/adn)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: