News
·
5 April 2021 19:05

Pelaku Wisata di Sleman Bisa Ikuti Vaksinasi Corona Drive Thru di Prambanan

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
Pelaku Wisata di Sleman Bisa Ikuti Vaksinasi Corona Drive Thru di Prambanan (25976)
Driver Gojek yang divaksinasi corona secara drive thru di Kompleks Candi Prambanan, Senin (5/4/2021). Foto: Sandra/Tugu Jogja
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar vaksinasi tahap pertama untuk pelaku wisata, pekerja transportasi, serta pekerja sektor publik pada Senin (5/4/2021). Berbeda dengan vaksinasi massal pada umumnya, vaksinasi untuk pelaku wisata ini diberikan dengan metode drive thru.
ADVERTISEMENT
Penerima vaksin hanya perlu duduk di dalam mobil atau di motor lalu akan menerima vaksin. Layanan vaksinasi COVID-19 drive thru ini dilakukan di Candi Prambanan hingga 9 April 2021 mendatang.
"Targetnya lima ribu orang untuk dosis pertama diberikan pada 5-9 April," ujar Asisten Bidang Pembangunan Pemkab Sleman, Budiarjo, saat membacakan sambutan Bupati Sleman di kompleks Candi Prambanan.
Dalam program vaksinasi COVID-19 ini, dibutuhkan sinergi dari pemerintah, swasta dan masyarakat agar bisa berjalan lancar. Ia mengingatkan bahwa vaksinasi COVID-19 ini tidak serta merta membuat seseorang menjadi bebas dari virus corona.
Meskipun sudah divaksinasi, ia mengimbau agar pelaku wisata tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Tak hanya itu, ia juga mengimbau agar Cita Mas Jajar juga diterapkan oleh para pelaku wisata.
ADVERTISEMENT
"Kita perlu sadar, setelah pemberian vaksin tidak serta merta tubuh ajdi kebal, butuh waktu untuk bentuk antibodi. Kita harus tetap waspada, vaksin bukan obat, tapi upaya pembentukan kekebalan spesifik," ujarnya.
Vaksinasi COVID-19 drive thru ini merupakan kerja sama dari Halodoc dan Gojek. Para driver Gojek juga terlihat menerima vaksin corona dengan layanan drive thru ini.
Pelaku Wisata di Sleman Bisa Ikuti Vaksinasi Corona Drive Thru di Prambanan (25977)
Salah seorang driver Gojek yang telah divaksinasi COVID-19 secara drive thru di Kompleks Candi Prambanan. Foto: Sandra/Tugu Jogja
Vice President Public Policy and Government Relations Gojek, Gautama Adi Kusuma berharap vaksinasi COVID-19 drive thru ini diharapkan mampu memulihkan perekonomian Yogyakarta dengan segera.
"Kita coba untuk berikan rasa aman dan nyaman pada publik agar bisa kembali beraktivitas. Kita juga mendukung wisata aman yang dicanangkan oleh Kemenparekraf," ujarnya.