Pencarian populer

Pemerintah Perlu Gandeng Ahli untuk Audit Pembangunan Infrastruktur

Pemerintah melalui Kementerian PUPR tengah melakukan audit dan evaluasi pembangunan infrastruktur. Untuk itu pemerintah memberlakukan moratorium pembangunan infrastruktur elevated (melayang) di seluruh Indonesia. Ahli Teknik Sipil dan Pembangunan dari Universitas Islam Indonesia (UII), Sarwidi menilai pemerintah perlu menggandeng para ahli dan pakar konstruksi atau pembangunan saat proses audit pembangunan. Ilmu serta saran dari para ahli ini diperlukan oleh Tim Komite Keselamatan Kerja (K3) saat mengevaluasi proyek.

"K3 perlu kerjasama dengan ahli-ahli untuk audit khusus pada kasua tertentu kalau diperlukan. Misal mau mengevaluasi jembatan, perlu ahli jembatan. Bisa juga ahli bangunan elevated atau ahli yang terkait degan kasus kecelakaan konstruksi saja," katanya di Yogyakarta, Kamis (22/02).

Ia menilai langkah Menteri PUPR melakukan moratorium adalah hal yang bijaksana dan tepat. Sebab audit dan evaluasi pembangunan infrastruktur sudah penting untuk dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan di kemudian hari. Menurutnya hal utama yang harus diaudit adalah keselamatan kerja karyawan. "Keselamatan kerja penting karena menyangkut nyawa orang,"tuturnya.

Hal kedua yang perlu diaudit adalah soal ketersediaan tenaga kerja dibandingkan dengan target waktu penyelesaian proyek. Di masa Pemerintahan Jokowi, proyek pembangunan sangat banyak dengan target yang singkat. Hal ini menuntut tenaga kerja yang bisa bekerja efisien cepat dan tepat. Sayangnya belum banyak tenaga kerja di bidang konstruksi yang memiliki kapasitas tersebut.

"Kalau tenaga kerja kurang, bisa dipikirkan apakah akan menambah jumlah tenaga kerja atau teknologi atau alat-alat pembangunan,"tutup Ketua Program Magister Teknik Sipil UII ini. (cia)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35