Pemerintah Targetkan Kota Magelang Nol BAB Sembarangan

Konten Media Partner
22 September 2022 9:00
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Wali Kota Magelang HM Nur Aziz bersama Tim Verifikator Open Defection Free (ODF) Provinsi Jateng, Rabu (21/9/2022). Foto: istimewa.
zoom-in-whitePerbesar
Wali Kota Magelang HM Nur Aziz bersama Tim Verifikator Open Defection Free (ODF) Provinsi Jateng, Rabu (21/9/2022). Foto: istimewa.
ADVERTISEMENT
Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menargetkan Kota Magelan nol kasus BABS (BAB Sembarangan). Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai target ini.
ADVERTISEMENT
Tim verifikator Open Defecation Free (ODF) Provinsi Jawa Tengah melakukan verifikasi faktual terkait masalah sanitasi di Kota Magelang. Sebagaimana diungkapkan Wali Kota Magelang, HM Nur Aziz bahwa pihaknya kini tengah berupaya mewujudkan Kota Magelang nol buang air besar sembarangan untuk menuju masyarakat sehat.
Stop BABS adalah salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pilar tersebut juga sekaligus untuk dukung program pencegahan stunting.
"Verifikasi ini merupakan rangkaian penilaian yang dilakukan oleh tim verifikator terhadap pernyataan bahwa telah terjadi perubahan perilaku, catatannya perubahan perilaku, kami tekankan karena beberapa daerah yang mengusulkan dilakukan verifikasi kenyataannya warga BAB di jamban tapi kontradiktif karena masih dialirkan ke sungai," kata Ketua tim verifikator, Yuni Rahayuningtyas, dalam keterangan yang diterima, Kamis (22/9/2022).
ADVERTISEMENT
Kota Magelang saat ini menjadi daerah ke-28 yang diverifikasi tim ODF. Program ODG dirintis sejak 2016 untuk wujudkan penggunaan dan akses jamban dengan benar. Upayanya diantaranya sosialisasi, pelatihan dan advokasi kepada seluruh stakeholder, termasuk memberikan
"Apabila masih ditemukan yang belum sesuai dengan kriteria akan jadi bahan pembinaan, dan harus segera diperbaiki. Harapannya bukan mendapatkan sertifikat ODF tapi langkah awal menuju pilar STBM selanjutnya," ungkapnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Istikomah menjelaskan, verifikasi ODF ini merupakan komitmen dalam menyukseskan program STMB. Stop BABS adalah satu pilarnya, yang arahnya mendukung Kota Magelang menjadi kota sehat.
"Persiapannya dengan memacu masyarakat berperilaku hidup sehat karena tidak hanya sarana dan prasarana yang diverifikasi tapi bagaimana perilaku masyarakat untuk mendukung ODF. Harapannya kita dapat sertifikat ODF, selanjutnya menuju 4 pilar yang lain, dan tahun depan persiapan menjadi kota sehat," terangnya.
ADVERTISEMENT
Wali Kota Magelang HM Nur Aziz berharap hasil verifikasi menunjukkan hasil yang baik. Kedepan perilaku BABS di Kota Magelang terus berkurang.
"Harapannya ke depan Kota Magelang bisa Nol BABS. Mudah-mudahan bisa dikurangi, dan Kota Magelang jadi kota sehat," tandasnya. (ari)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·