kumparan
KONTEN PUBLISHER
17 Februari 2020 15:08

Persiapan Operasional Penuh YIA Telah Capai 98%

20200131_163438.jpg
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat meninjau bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (17/2/2020). Foto: Erfanto
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, persiapan operasional penuh bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang ada di Kulonprogo telah mencapai 98 %. Di mana Presiden Joko Widodo telah mematok operasional penuh bandara ini tanggal 29 Maret 2020 mendatang.
ADVERTISEMENT
"Kini tinggal yang kecil-kecil saja. Tinggal menyambungkan,"tutur Budi Karya di UGM, Senin (17/2/2020).
Dan untuk menyambut operasional bandara tersebut, pihaknya telah meminta kepada seluruh maskapai penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto untuk mempersiapkan diri. Maskapai-maskapai penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto diperintahkan memindahkan rute penerbangannya ke YIA.
Maskapai penerbangan juga harus sudah memindahkan berbagai peralatan yang semula ada di Bandara Adisutjipto ke bandara YIA sebelum tanggal 29 Maret 2020. Sehingga ketika nanti bandara tersebut beroperasi penuh 29 Maret 2020, maka harus bisa langsung difungsikan.
Namun demikian, ia mengakui jika saat ini akses tol ataupun jalur kereta bandara memang belum ada. Sehingga ia meminta kepada PT KAI untuk segera menambah jadwal kereta ke bandara YIA tersebut. Ia berharap agar setiap 1 jam sekali sudah ada kereta bandara yang berangkat.
ADVERTISEMENT
"Satu jam sekali berhenti di Stasiun Wojo dan selanjutnya penumpang melanjutkan perjalanan dengan bus Damri,"tambahnya.
5 rute telah disiapkan oleh Kementerian Perhubungan untuk moda transportasi menuju ke bandara YIA masing-masinh 3 rute ke KSPN Borobudur dan 2 rute lainnya ke Kota Yogyakarta. Rute ini merupakan sebuah upaya dari pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Rute pertama adalah dari Sleman City Hall ke Kompleks Pemda Sleman - Terminal Jombor lalu YIA. Rute kedua adalah YIA - Tebing Gunung Gajah - Goa Kiskendo - Plono - Samigaluh - Jalan Nanggulan - Mendut dan Candi Borobudur melalui Bukit Menoreh. Rute ketiga adalah YIA - Wates - Nanggulan - Dekso lalu Candi Borobudur.
ADVERTISEMENT
Rute ke 4 adalah Candi Borobudur - Terminal Muntilan - Terminal Jombor - Grand Inna Malioboro. Rute terakhir adalah YIA - Ambarketawang - Wirobrajan - Universitas Gadjah Mada dan berakhir Jalan Affandi dan Hartono Mall. Rute-rute ini akan dilayani dengan armada executive sehingga semakin menambah kenyamanan penumpang.
"Untuk UGM tadi saya berdiskusi apakah akan di UC (University Center) atau di Lembah UGM,"ujarnya.
Untuk kalau 5 rute tersebut tiketnya memang masih disubsidi baik oleh pemerintah. Di mana tarif yang akan dikenakan mulai dari Rp21.000 hingga Rp25.000. Peluncuran ini untuk menunjang operasional secara penuh di pada akhir Maret mendatang.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan