Pencarian populer

Polda DIY: 91 TPS di Yogyakarta Termasuk Kategori Rawan

Ilustrasi TPS. Foto: Istimewa

Pemungutan suara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 nanti akan diselenggarakan di 11.780 Tempat Pemungutan Suara (TPS). TPS-TPS tersebut tersebar di seluruh wilayah DIY dan paling banyak berada di Kabupaten Sleman karena mencapai 3.391 TPS. Sementara jumlah TPS paling sedikit berada di Kabupaten Kulonprogo yakni sebanyak 1.258 buah.

Kepolisian Daerah (Polda) DIY mengklasifikasikan TPS-TPS tersebut ke dalam beberapa kategori mulai dari kurang rawan, rawan, sangat rawan dan TPS Khusus. Berdasarkan evaluasi dari Polda DIY, setidaknya ada 11.679 TPS masuk kategori kurang rawan, 91 TPS masuk kategori rawan, 4 TPS sangat rawan dan 6 TPS khusus.

Menurut Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dhofiri, pengklasifikasian TPS berdasarkan kerawanan tersebut memang dilakukan oleh Polda DIY untuk memetakan pola pengamanan. Di mana unsur pengamanan nanti akan melibatkan aparat kepolisian serta juga Linmas yang kini sudah banyak terbentuk di masyarakat.

"Pola pengamanan kita mengikuti potensi kerawanannya," tuturnya, Minggu (17/3/2019).

Dalam indentifikasi yang dilakukan oleh jajarannya, Ahmad Dhofiri mengungkapkan jika TPS rawan paling banyak berada di Kota Yogyakarta. Pihaknya mencatat dari 1373 TPS di Kota Yogyakarta ada sebanyak 39 TPS rawan, 4 TPS sangat rawan, 3 TPS khusus dan sisanya TPS Kurang Rawan.

Sementara di Kulonprogo meskipun TPSnya paling sedikit namun ternyata jumlah TPS rawan cukup banyak dan menduduki ranking dua di DIY yaitu sebanyak 22 TPS. Disusul Kabupaten Sleman yang memiliki 12 TPS rawan dan 2 TPS Khusus. Kabupaten Bantul 11 TPS rawan, Gunungkidul 7 TPS rawan.

"Kami masukkan kategori rawan itu karena beberapa hal. Misalnya seperti pernah terjadi permasalahan ketika pemungutan suara sebelumnya ataupun bisa karena jarak yang ditempuh cukup jauh dari TPS ke Kelurahan, sehingga perlu pengawalan ekstra ketika pengumpulan hasil pencoblosan,"tambahnya.

Ahmad menambahkan peta TPS rawan paling banyak di Kota Yogyakarta berdasarkan pengalaman pemilihan sebelumnya. Di samping itu juga ditetapkan berdasarkan apa yang terjadi selama masa kampanye dan sejarah dari pemilu silam.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pemerintah daerah maupun tim pemenangan dan juga para kader partai untuk melakukan pengamanan bersama-sama terkait dengan potensi kerawanan tersebut. (erl/adn)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: