Entertainment
·
3 November 2020 20:00

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 Jadi Konser Online dengan Durasi 6 Jam

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 Jadi Konser Online dengan Durasi 6 Jam (65766)
Event Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 yang digelar virtual di tengah pandemi corona. Foto: dok. PJVF 2020
Perhelatan Prambanan Jazz tahun 2020 terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, event internasional tersebut digelar secara virtual alias online di tengah pandemi corona.
ADVERTISEMENT
Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 juga menjadi konser live streaming dengan durasi terpanjang. Pasalnya, event ini digelar selama 6 jam dari pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB.
Melalui layar tersebut, mereka bisa langsung dengan artis seperti menonton konser musik secara langsung. Demikian pula sebaliknya, para artis pengisi acara juga bisa melakukan interaksi dengan fans yang menyaksikan secara virtual dari rumah.
Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 Jadi Konser Online dengan Durasi 6 Jam (65767)
Event Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 yang digelar virtual di tengah pandemi corona. Foto: dok. PJVF 2020
Founder sekaligus CEO Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi, mengungkapkan bahwa event ini tidak sepenuhnya digelar secara virtual.
“Ini hybrid karena artis juga bermain langsung di venue,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima, Selasa (3/10/2020).
Ia bercerita, bahwa pihaknya telah berupaya untuk menghadirkan penonton secara terbatas ke venue. Namun, hal tersebut tidak mendapatkan izin lantaran pandemi corona.
ADVERTISEMENT
“Walaupun bukan menjadi sebuah kontestasi, keadaan menantang kami untuk bertahan di masa depan, dengan mengusung konsep baru, Prambanan Jazz Festival kembali lagi dengan menggandeng tiga belas musisi terbaik tanah air, untuk membawa kembali kejayaan di tengah pandemi yang mengubah situasi,” kata Anas.
Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 Jadi Konser Online dengan Durasi 6 Jam (65768)
Salah satu penampil memakai masker dalam Event Event Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 yang digelar virtual di tengah pandemi corona. Foto: dok. PJVF 2020
Co-Founder Prambanan Jazz Festival, Bakkar Wibowo, mengungkapkan festival ini mengusung semangat kolaborasi dan bukan berkompetisi. Ia justru merasa khawatir jika kreativitas berhenti, oleh karena itu senantiasa berinovasi untuk menemukan rumus-rumus baru sehingga festival selalu berjalan di segala situasi.
“Keberhasilan Prambanan Jazz adalah keberhasilan tim kami,” ucap Bakkar.
Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 Jadi Konser Online dengan Durasi 6 Jam (65769)
Andmesh saat mengisi Event Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 yang digelar virtual di tengah pandemi corona. Foto: dok. PJVF 2020
Sejumlah musisi ternama Tanah Air seperti Andmesh, Isyana Sarasvati, Tulus, Tompi, hingga Yura Yunita memeriahkan event internasional yang lahir di Yogyakarta ini.
ADVERTISEMENT
“Saya senang bisa bermain lagi akhirnya, dan semoga ini menjadi penyemangat untuk bangkit dari keterpurukan,” ujar Isyana Sarasvati.