kumparan
search-gray
News2 Agustus 2020 15:21

Ratusan Warga Bantul Siap Kawal Suara Perempuan dalam Pilkada 2020

Konten Redaksi Tugu Jogja
Ratusan Warga Bantul Siap Kawal Suara Perempuan dalam Pilkada 2020 (361128)
Warga Bantul yang tergabung dalam Srikandi Projotamansari, siap mengawal suara perempuan dalam Pilkada 2020. Foto: Len/Tugu Jogja
Meski telah ada kesetaraan gender, kaum perempuan tak sepenuhnya leluasa untuk mengekspresikan hak politik dalam proses pemilihan umum (pemilu) di Indonesia. Bahkan, kerap kali kehadiran perempuan tak mampu menentukan pilihan politik secara mandiri. Hal ini tak lepas dari adanya budaya patriarki di masyarakat yang masih mengakar.
ADVERTISEMENT
Kaum perempuan sendiri juga perlu menyadari bahwa mereka memiliki hak politik yang sama dalam pemilu. Bahkan, mereka pun memiliki peran strategis dalam pembangunan daerah.
“Sehingga perempuan itu didengar suaranya kemudian kita juga mengawal bagaimana suara perempuan itu berpihak pada calon pemimpin Bantul kedepan yang memiliki komitmen dan memperjuangkan kepentingan kebutuhan perempuan anak kaum rentan, kelompok marginal, dan elemen lainnya agar Bantul menjadi bantul yang inklusif juga bantul yang adil untuk semua,” ujar Khotimatul Khusna Koordinator acara di sela – sela acara Deklarasi dukung AHM JP di Joglo Yoso Palbapang Bantul Yogyakarta Minggu (2/8/2020).
Ratusan tokoh perempuan dalam kesempatannya ini menyatakan deklarasi dukungan pada pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo. Mereka menilai, paslon ini memiliki visi dan misi keberpihakan pada kaum perempuan.
Ratusan Warga Bantul Siap Kawal Suara Perempuan dalam Pilkada 2020 (361129)
Informasi selengkapnya klik di sini.
Tak hanya sekadar mendukung, kaum wanita yang tergabung dalam Srikandi Projotamansari ini akan mengawal program yang diusung oleh paslon cabup dan cawabup Bantul ini. Tak hanya soal kaum perempuan saja, tetapi juga mereka yang difabel serta kelompok marginal lainnya.
ADVERTISEMENT
“Kami akan bersinergi dengan lintas komunitas untuk mensosialisasikan tentunya program-program dan mengawal apakah program-program itu benar memperjuangkan visi mis dan kebutuhan khusus perempuan juga kelompok rentan juga anak difabel yang termasuk juga kelompok marginal lainnya,” tegasnya.
Dukungan ini pun disambut baik oleh Abdul Halim Muslih. Ia mengatakan bahwa kaum perempuan terutama ibu-ibu memiliki peran yang besar untuk perubahan Bantul menjadi yang lebih baik.
Ia tak menutup mata bahwa perlindungan anak dan perempuan di Bantul harus terus ditingkatkan. Persoalan kesehatan anak dan perempuan menjadi hal penting yang perlu disorot untuk menghasilkan anak yang berkualitas.
“Kita hari ini melakukan gerakan masyarakat hidup sehat itu bukan terus hasilnya bisa langsung dirasakan tetapi ini memerlukan waktu yang panjang karena model pembangunan kesehatan itu memerlukan waktu yang panjang maka butuh kosistensi tidak hangat-hangat tai ayam,” tuturnya.
Ratusan Warga Bantul Siap Kawal Suara Perempuan dalam Pilkada 2020 (361130)
Abdul Halim Muslih, bakal calon bupati Bantul. Foto: Len/Tugu Jogja
“Misalnya semua pejabat yang menangani bidang kesehatan ini harus benar-benar konsisten dan focus bagaimana mengawal ibu-ibu kita remaja putri kita agar sehat kelak kedepan menjadi ibu, ibu sehat melahirkan anak yang sehat tidak stanting tidak bergizi buruk tidak mengalami kelainan dan lain sebagainya,” lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Ibu-ibu pun memiliki peran dalam pencegahan penyakit DBD (demam berdarah dengue) yang terjadi di tengah pandemi COVID-19. Hal inilah yang membuat perempuan perlu mendapatkan ruang dan fasilitas untuk meningkatkan derajat kesehatan di Bantul.
“Kita ingin ke depan Bantul ini memberikan peran yang besar kepada ibu-ibu karena ibu-ibu ini tugasnya luar biasa berat laki-laki tidak mungkin bisa melakukan tugas-tugas seperti ibu-ibu ini maka ibu-ibu harus terlibat didalam proses perumusan kebijakan sampai pelaksanaannya,” tegasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white