kumparan
KONTEN PUBLISHER
22 Desember 2019 13:36

Rekor MURI Tulisan Dodol Salak Terpanjang Pecah di Sleman

IMG-20191222-WA0030.jpg
Tulisan dari dodol salak yang berhasil pecahkan Rekor MURI, Minggu (22/12/2019). Foto: Sulistyawan.
Prestasi membanggakan kembali diukir oleh Kabupaten Sleman. Kali ini datang dari salah satu wahana hiburan air di Sleman, yang menggandeng para pelaku UMKM. Bertuliskan ucapan selamat ulang tahun, Jogja Bay Waterpark, berhasil memecahkan rekor MURI.
ADVERTISEMENT
“Sebagai destinasi wisata internasional, tentu kami tidak pernah lupa untuk menjaga kearifan lokal, salah satunya adalah kami selenggarakan rekor MURI bertemakan dodol salak,” kata Bayu Noer Jatmiko, Sales Manager Jogja Bay, saat berikan sambutan di acara Pemecahan Rekor MURI, Minggu (22/12/2019).
IMG-20191222-WA0039.jpg
Para pengunjung makan dodol salak bersama dalam acara Pemecahan Rekor MURI dodol salak terpanjang di Jogja Bay Waterpark, Minggu (22/12/2019). Foto: len
Dodol salak yang digunakan untuk merangkai tulisan sepanjang 150,9 meter. Angka ini mengalahkan rekor sebelumnya dari Indramayu dengan dodol mangga sepanjang 120 meter.
Seperti yang diketahui, salak menjadi salah satu produk lokal khas Kabupaten Sleman yang diproduksi dalam jumlah yang melimpah. Guna meningkatkan ekonomi petani, maka salak tersebut perlu dikemas dalam bentuk olahan.
“Kalau hanya dijual salak itu ga awet, cepet busuk, akan tutunkan harga. Tetapi kalau diolah, maka akan meningkatkan nilai produksi. Kalau nilai produksi meningkat, maka nilai ekonomi meningkat, ini akan meningkatkan ekonomi kerakyatan, inilah yang disebut ekonomi kreatif,” ujar Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun.
IMG-20191222-WA0031.jpg
Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, saat berfoto bersama dengan dodol salak terpanjang, Minggu (22/12/2019). Foto: len.
Ia mengaku bangga dengan banyaknya prestasi yang telah diukir oleh Kabupaten Sleman melalui rekor MURI. Lebih lanjut, pihaknya berharap dengan prestasi ini mampu meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Sleman.
ADVERTISEMENT
“Diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata. Dodol Salak ini kan bisa jadi oleh-oleh,” lanjutnya.
Sebelumnya, berbagai prestasi di Rekor MURI telah dilakukan oleh Kabupaten Sleman seperti pembuatan jadah terbesar, rangkaian mangut lele terpanjang, pembuatan wajik terbesar, deklarasi ramah anak dengan bergandengan tangan terpanjang, dan masih banyak lagi.
IMG-20191222-WA0035.jpg
Bayu Noer Jatmiko, Sales Manager Jogja Bay (kanan); Sri Widayati, Senior Manager Rekor MURI (kedua dari kanan); dan Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun (tengah) saat Pemberian penghargaan pemecahan Rekor MURI, Minggu (22/12/2019). Foto: len.
“Kami mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa tulisan dari dodol salak terpanjang 150,9 meter resmi tercatat di MURI sebagai rekor ke 9380,” kata Senior Manager Rekor MURI, Sri Widayati
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan