Pencarian populer

Sejumlah Kecamatan di Yogyakarta Tidak Akan Terpapar Hujan Lebih dari 60 Hari

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY memperingatkan warga di sebagian kecamatan di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Sleman dan Kulon Progo akan kemungkinan terjadinya kemarau panjang di wilayah-wilayah tersebut.

BPBD memprediksi daerah tidak hujan berturut-turut selama dua bulan lebih atau lebih dari 60 hari yang berpotensi kekeringan terjadi di Kulon Progo di antaranya di Kecamatan Lendah dan Pengasih serta Temon. Sementara di Kabupaten Bantul berpotensi terjadi di kecamatan Bantul, Jetis dan Pajangan.

"Di Kabupaten Gunungkidul akan melanda kecamatan Girisobo, Tanjungsari dan Tepus,"ujar Plh Kepala BPBD DIY, Biwara Yusdianta.

Sementara wilayah yang kemungkinan tidak mengalami hujan selama 31 hari hingga 60 hari terjadi di Bantul di antaranya di kecamatan Bambanglipuro, Piyungan, Pundong, Sedayu dan Sewon. Di Kabupaten Gunungkidul di antaranya terjadi di Kecamatan Gedangsari, Panggang, Playen dan Ponjong. Sementara di Kulon Progo akan terjadi di kecamatan Nanggulan dan Sleman akan terjadi di Kecamatan Ngemplak.

Menurut Biwara, kekeringan yang dimaksud adalah kekeringan meteorologis adalah berkurangnya curah hujan dari keadaan normalnya dalam jangka waktu yang panjang bulanan, dua bulanan, tiga bulanan dan seterusnya. Kendati demikian, setiap BPBD di tingkat Kabupaten sudah menyiapkan langkah untuk mengurangi dampak kekeringan bagi warganya.

"Paling banyak skenarionya adalah dengan droping air,"tuturnya. (erl)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63