News
·
6 Mei 2021 9:10

Sepekan Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang di YIA Naik 2 Kali Lipat

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
Sepekan Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang di YIA Naik 2 Kali Lipat (669426)
searchPerbesar
Salah satu pesawat di Bandara baru Yogyakarta. Foto: Erfanto/Tugu Jogja
Arus penumpang di Bandara Yogyakarta internasional airport (YIA) yang berada di Kulon Progo kemungkinan akan terjadi hari ini, Rabu (5/5/2021). Otoritas bandara yia PT Angkasa Pura 1 mencatat adanya kenaikan dua kali lipat jumlah penumpang dibandingkan dengan rata-rata jumlah penumpang harian.
ADVERTISEMENT
Pelaksana tugas sementara General Manager PT Angkasa Pura 1 bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan hari ini ini pihaknya mencatat setidaknya ada 6589 orang penumpang yang akan menggunakan jasa penerbangan di bandara baru Kulon Progo ini. Padahal rata-rata harian jumlah penumpang di bandara ini hanya mencapai 3000 orang.
Pandu menyebut kenaikan signifikan terjadi pada ada penumpang yang datang terutama dari Jakarta. Di mana hari ini tercatat ada 4089 orang yang datang menggunakan pesawat di bandara Kulon Progo. Sementara yang berangkat dari Bandara YIA belum mengalami lonjakan.
"Biasanya yang berangkat sekitar 2000 hingga 3000 orang," paparnya, Rabu (5/5/2021).
Hari ini diperkirakan terjadi Puncak arus mudik menjelang larangan mudik diberlakukan oleh pemerintah. Tren kenaikan tersebut sudah terjadi sejak tanggal 28 April 2021 yang lalu di mana atau pemerintah mulai memungkinkan adanya larangan untuk mudik mulai tanggal 6 Mei 2021.
ADVERTISEMENT
Kendati terjadi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan namun pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Di dalam pesawat penumpang harus bisa menurut syara bebas covid-19 yang ditunjukkan melalui rapid test antigen ataupun dengan GeNose.
"Itu syarat mutlak yang harus dipenuhi,"tambahnya.
Sementara di bandara sendiri juga tetap diberlakukan protokol kesehatan yang cukup ketat. Pihaknya telah berupaya keras agar tidak terjadi kerumunan di pintu masuk maupun pintu keluar di mana semua orang di bandara harus mampu menjaga jarak satu sama lain. Masker harus wajib selalu dikenakan.
Untuk menyambut libur lebaran kali ini pihaknya telah mendirikan posko lebaran yang akan beroperasi mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang. Posko ini melibatkan TNI Polri, Avsec dan juga personil dari PT Angkasa Pura 1 sendiri. Mereka akan bertugas melakukan pengawasan terhadap semua aktivitas penumpang di bandara.(erl)
ADVERTISEMENT