UAJY Soroti Pentingnya Peran Audit Internal Cegah Kecurangan Laporan Keuangan

Konten Media Partner
29 April 2022 13:28
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
UAJY Soroti Pentingnya Peran Audit Internal Cegah Kecurangan Laporan Keuangan (135995)
zoom-in-whitePerbesar
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bersama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menggelar seminar nasional bertajuk ‘Strategi dan Peran Audit Intern Memperkuat Good Corporate Governance dalam Upaya Pencegahan Kecurangan Laporan Keuangan’. Foto: Tugu Jogja
ADVERTISEMENT
Laporan keuangan menjadi salah satu hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Sayangnya, masih ada oknum yang melakukan kecurangan. Dalam beberapa dekade terakhir, topik soal good governance baik korporat maupun pemerintah menjadi sentral isu. Internal Audit menjadi salah satu pihak yang berperan penting dalam tata Kelola sebuah perusahaan.
ADVERTISEMENT
Melihat pentingnya isu tersebut, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bersama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menggelar seminar nasional bertajuk ‘Strategi dan Peran Audit Intern Memperkuat Good Corporate Governance dalam Upaya Pencegahan Kecurangan Laporan Keuangan’.
“Terima kasih pada IAI yang sudah support acara ini. Semoga kerja sama ini bisa berlangsung terus,” ujar Budi Suprapto, Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY, saat berikan sambutan, Jumat (29/4/2022).
Kecurangan dalam membuat laporan keuangan menjadi salah satu permasalahan yang hingga kini masih terjadi. Sejumlah oknum nekat melakukan kecurangan dalam membuat laporan keuangan.
“Kita bisa lihat ke belakang pada masa Subprime Mortgage 2008, terjadi kenaikan tingkat Fraud. Dan hal ini setelah pandemi ini bermunculan, tapi semoga salah ya,” ujar Rama Kurnia, Internal Audit Specialist SKK Migas.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut bisa terjadi lantaran semasa pandemi corona, ada tekanan ekonomi di sebuah perusahaan. Mereka yang memiliki gaya hidup mewah akan merasakan perubahan pendapatan akibat pandemi.
Kecurangan pembuatan laporan keuangan juga terjadi karena ada peluang. Hal ini terjadi usai ada pengurangan biaya pada departemen yang tak berikan kontribusi pendapatan di masa pandemi.
“Kenapa fraud bisa terjadi, karena investasi dari organisasi dalam hal pengendalian internal anti fraud yang gagal,” tegasnya.
Lebih lanjut, ia mengungkapkan pelaku kecurangan saat ini mungkin masih bisa bersembunyi. Berdasarkan data dari Report to The Nation 2022, kecurangan akan terungkap dalam 12-18 bulan sejak terjadi.
Arie Nobelta Kaban, Komisaris Utama PGN Solution, menyampaikan bahwa integritas seorang internal audit sangat diperlukan untuk cegah kecurangan. Di berbagai kasus, tak mudah untuk mempertahankan integritas karena jabatan atau hal lain.
ADVERTISEMENT
“Poin dari case yang ingin saya sampaikan, integritas jadi faktor utama, penentu bagaimana kita susun laporan keuangan untuk cerminkan keadaan sebenarnya. Integritas ini penting,” tegas Arie Nobelta.
UAJY Soroti Pentingnya Peran Audit Internal Cegah Kecurangan Laporan Keuangan (135996)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi audit internal. Foto: Tugu Jogja
Ia pun menyoroti aksi window dressing atau upaya yang dilakukan perusahan untuk memoles laporan keuangan. Menurutnya, ada berbagai motif dan modus yang membuat aksi window dressing ini dilakukan.
Motif oknum untuk melakukan window dressing mulai dari adanya tuntutan pencapaian KPI (tendiem), mempertahankan jabatan, hingga menyembunyikan fraud. Pelaku window dressing pun juga beragam.
“Mulai dari direksi, komite investasi, auditor, hingga finance/accounting department,” tuturnya.
Internal audit memiliki peranan penting untuk memerangi kecurangan laporan keuangan. Internal audit dituntut untuk mengevaluasi paparan resiko terkait tata Kelola, operasi, hingga sistem informasi organisasi.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020