News
·
16 Oktober 2020 16:08

864 SPBU di Jatim Terapkan Cashless

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang

Cara Pertamina Terapkan 3M

864 SPBU di Jatim Terapkan Cashless (50790)
Ilustrasi cashless. Foto: Istimewa
MALANG - PT Pertamina berupaya menerapkan sistem pembayaran transaksi non tunai (cashless) di 864 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jawa Timur (Jatim). Hal ini ditekankan sebagai langkah aman mencegah transmisi penularan virus corona alias COVID-19.
ADVERTISEMENT
Hal ini diungkapkan Marketing Operation Region (MOR) wilayah V PT Pertamina, Rustam Aji, bahwa pelayanan transaksi non tunai sudah dihadirkan di 864 SPBU di Jatim.
''Ini sifatnya sekedar imbauan, menekankan para pelanggan melakukan pembayaran non tunai melalui aplikasi MyPertamina," ungkap Rustam, pada Jumat (16/10/2020).
Menurut Rustam, transaksi non tunai dinilai lebih aman dalam masa pandemi ini karena tidak melibatkan kontak fisik. Penggunaan uang kertas maupun logam dalam masa pandemi ini, sebaiknya dikurangi untuk menghindari transmisi penularan virus melalui uang tunai.
Selain itu, hal ini juga sesuai dengan anjuran Satgas COVID-19 untuk menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
Kata Rustam, hal ini sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru dari Pertamina yang kini diterapkan di seluruh lini perusahaannya.
ADVERTISEMENT
''Salah satunya dengan menerapkan pemberlakuan transaksi non tunai di SPBU sebagai tempat pelanggan setia produk Pertamina dalam transaksi BBM,” ujarnya.
Sejak diterapkan hingga September 2020, diakui Rustam, terjadi kenaikan transaksi melalui aplikasi MyPertamina. Rata-rata transaksi harian sebanyak 8.900 transaksi per harinya di wilayah V Jatim dan Bali Nusra.
"Setiap minggu, pengguna transaksi non tunai terus bertambah. Dimana pada minggu ke-4 September, tercatat jumlah transaksi sebanyak 376.366 transaksi, naik 62 persen dibandingkan rata-rata 3 minggu sebelumnya sebesar 231.320 transaksi,” tandasnya.