kumparan
14 Feb 2019 12:11 WIB

Ajarkan Siswa Kreatif, Kolaboratif, dan Komunikatif dengan Bikin Robot

Kepala Sekolah SMP Islam Sabilillah Idi Rathomy Baisa S.Pd, M.Pd saat berkomunikasi dengan para siswa yang sedang bermain robot buatan mereka sendiri, pekan lalu.
TUGUMALANG.ID-Para siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) saat ini sudah dibiasakan berkreasi dan bermain dengan robot. Inilah yang terlihat di SMP Islam Sabilillah, Kota Malang. Setiap pekan, selalu ada pembelajaran robot di salah satu sekolah favorit di Kota Malang ini.
ADVERTISEMENT
Pembelajaran robot seperti yang di SMP Islam Sabilillah ini diklaim yang pertama di Kota Malang. Lantaran, hanya sekolah tersebut yang menjalin kerjasama dengan guru besar bernama Chi Ruei Tsai dari Nasional Taiwan Normal University.”Jadi mesin dan perlengkapannya dikirim dari Taiwan, kita yang merakit dan menyiapkan baterai-nya,” kata Kepala Sekolah SMP Islam Sabilillah Idi Rathomy Baisa S.Pd, M.Pd, pekan lalu.
Para siswa di sekolah inipun membuat aneka rupa robot. Seperti hewan berkaki empat, ulat melata, robot loncat, robot berputar bolak balik, dan robot berputar. Idi melanjutkan, pembelajaran robot ini merupakan bagian dari pembelajaran berbasis proyek atau project based learning.
Melalui pembelajaran bersistem seperti itu, para siswa diajarkan untuk berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi. Empat hal itu adalah sejumlah nilai-nilai yang diajarkan dalam pendidikan karakter.”Jadi ruh dari pembelajaran robot di situ, jadi banyak sekali manfaatnya,” pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Teks dan Foto: Irham Thoriq
Para siswa SMP Islam Sabilillah, Kota Malang menunjukan robot karya mereka sendiri.
Para siswa sedang melihat atraksi robot yang dikreasi mereka sendiri, pekan lalu.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan