Food & Travel13 September 2020 12:37

Alasan Pantai Bajulmati Jadi Ibu Kota Penyu

Konten Redaksi Tugu Malang
Alasan Pantai Bajulmati Jadi Ibu Kota Penyu (1480688)
Penyu. Foto: Ben
MALANG - Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSTC) mengklaim, Pantai Bajulmati adalah ibu kota penyu di Kabupaten Malang. Bukan tanpa alasan, pasalnya Pantai Bajulmati adalah pantai dengan indukan penyu terbanyak di Kabupaten Malang.
ADVERTISEMENT
"Kalau penyu ini tidak semua pantai ada, khusus Bajulmati ini kita namakan ibu kota penyu karena terbanyak indukan penyu yang bertelur di sini," ungkap Konservator BSTC, Sutari, pada Minggu (13/9/2020).
Setidaknya, total ada 57 indukan penyu di pantai yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang ini. "Sekitar ada 57 indukan yang ada di Bajulmati, sedangkan pantai-pantai lainnya cuma ada 1-2 indukan saja," beber Sutari.
Total ada 100 telur dihasilkan penyu setiap musimnya. "Di Bajulmati dalam satu musim, total indukan-indukan ini bisa bertelur sampai 100 telur," jelasnya.
Penyu sendiri memilih Pantai Bajulmati sebagai tempat bertelur ternyata bukan tanpa alasan. "Alasan penyu ini memilih Bajulmati sebagai ibu kota penyu karena memang sudah turun temurun," ujarnya.
ADVERTISEMENT
"Dan penyu ini tidak mau berubah, jika koordinatnya di situ, maka dia akan terus bertelur di situ. Tinggal bagaimana kita mendatangkan," sambungnya.
Pria ramah senyum ini berharap, jumlah penyu di pantai-pantai Kabupaten Malang tetap banyak. "Sehingga kita lakukan penyelamatan, misalnya penyelematan dari Goa Cina dan telurnya kita bawa dari Goa Cina, tapi pelepasannya tetap di Goa Cina," sebutnya.
Karena tak main-main, Kabupaten Malang saja mampu menghasilkan total 71 kilogram telur penyu untuk ditetaskan.
"Di Malang sendiri mencapai bobot 71 Kg telur-telur tersebut. Mulai dari timur Sidoasri, Sendiki, Goa Cina, Bajulmati, Jajaran, Watu Leter, Kondang Merak, dan Kondang Iwak," tukasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white