kumparan
12 November 2019 14:29

Berkat Inovasi, UB Raih Penghargaan dari Menteri Kesehatan

IMG-20191111-WA0069.jpg
Wakil Rektor Universitas Brawijaya (UB) Bidang Akademik Prof.Dr. Aulanni'am, drh.,DES (lima dari kanan) foto bersama dengan menteri kesehatan Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (enam dari kiri) di sela acara penerima penganugrahan.
Universitas Brawijaya (UB) kembali meraih prestasi tingkat nasional. Yakni, penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam bidang Institusi yang Berjasa dalam Pembangunan bidang Kesehatan.
ADVERTISEMENT
Penghargaan diterima oleh Wakil Rektor Universitas Brawijaya (UB) Bidang Akademik Prof.Dr. Aulanni'am, drh.,DES. Penghargaan ini diberi bertepatan dengan peringatan hari kesehatan nasional pada 6 November 2019 lalu.
IMG-20191111-WA0070.jpg
Piagam penghargaan untuk UB yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan. Foto-foto: dokumen UB.
Wakil Rektor Universitas Brawijaya (UB) Bidang Akademik Prof.Dr. Aulanni'am, drh.,DES mengatakan, penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi keberhasilan UB dan PT Bio Farma (Persero) dalam menyediakan alat kesehatan yang bisa digunakan oleh masyarakat yaitu Kit Diagnostik GAD65.
Ia menambahkan dengan penghargaan yang diterima oleh UB membuktikan produk Kit Diagnostik GAD65 sudah diakui oleh masyarakat dan bisa dijual di pasaran.
IMG-20191111-WA0071.jpg
Piala dari Menteri Kesehatan yang diberikan pada Universitas Brawijaya.
"Kit Diagnostik GAD65 adalah rapid test untuk mendeteksi Diabetes Mellitus (DM) Tipe 1 dan Latent Autoimmune Diabetes on Adult (LADA). Pada kit ini, deteksi dilakukan terhadap keberadaan autoantibodi GAD65 yang merupakan penanda dini kerusakan sel beta pankreas," kata Aulinni'am.
ADVERTISEMENT
Kit ini mampu mendeteksi awal terjadinya autoimun diabetes sehingga dapat dilakukan pada bayi dan anak-anak yang memiliki riwayat penderita DM dalam keluarganya.
Penggunaan kit ini merupakan skrining awal terhadap penyakit DM, yang bertujuan untuk memperbaiki tata laksana pencegahan DM sehingga penting bagi keluarga yang memiliki riwayat DM, agar tidak berlanjut menjadi penderita DM.
Untuk diketahui, UB merupakan produsen Biosains Rapid Test GAD 65 bekerjasama dengan PT Bio Farma (Persero) selaku distributor.
Editor : Irham Thoriq
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan