Food & Travel
·
17 Oktober 2020 16:35

Bus Malang City Tour Bakal Hadir dengan Wajah Baru

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Bus Malang City Tour Bakal Hadir dengan Wajah Baru (30294)
2 unit bus Macito lama milik Pemkot Malang yang vakum beroperasi sejak 2019 silam. Foto: Ulul Azmy
MALANG - Tak beroperasi sejak 2019 silam, bus wisata Kota Malang yang dikenal dengan nama Bus Macito (Malang City Tour) akan kembali mengaspal. Tak hanya itu, 2 unit bus Macito wajah baru juga siap dirilis.
ADVERTISEMENT
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Handi Priyanto, bahwa selain mengoperasikan unit lama, pihaknya juga akan menghadirkan unit bus Macito baru. Tentu saja dengan desain dan branding yang jauh berbeda dari sebelumnya.
''Yang lama di re-desain dan akan ada branding baru, nanti pada 2021. Kita masih belum tahu branding barunya seperti apa. Intinya, desain dan modelnya berubah 180 derajat dari sebelumnya,'' ungkap Handi.
Handi menambahkan, unit Macito lama tidak memenuhi standar Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT). Selain itu, bus ini juga dinilai tidak disertai surat resmi sebagaimana kendaraan pada umumnya.
''Nanti kami pastikan unit Macito yang baru memenuhi standar aturan yang ada,'' ujarnya.
Lebih jauh, anggaran yang diajukan mencapai Rp 4 miliar. Sebanyak Rp 2,6 miliar untuk pengadaan unit baru dan Rp 1,4 miliar untuk merenovasi unit bus Macito yang lama.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, bus Macito disediakan sebagai fasilitas transportasi wisata menyusuri rute-rute ikonik heritage Kota Malang tanpa dipungut biaya alias gratis.