Pencarian populer

Dihadiri Jokowi, Pengamanan Final Arema vs Persebaya Akan Diperketat

Pemain Persebaya Otavio Dutra (kiri) dan pemain Arema FC Dedik Setiawan.(foto-foto: Dani Kristian/Tugu Malang).
TUGUMALANG.ID – Laga final Piala Presiden leg kedua antara Arema FC melawan Persebaya FC akan dihadiri Presiden Joko Widodo, di Stadion Kanjuruhan, Jumat malam (12/4/2019). Pengamanan ekstra akan disiapkan oleh pasukan pengamanan demi kelancaran pertandingan tersebut.
ADVERTISEMENT
Hal itu diungkapkan disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Arema FC, Abdul Haris. “Keamanan kami di-backup dari TNI, Polri, dan juga Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pamswakarsa). Ada 2.800 personel yang diterjunkan. Ini adalah jumlah paling banyak sepanjang Arema bertanding,” kata Haris.
Ia mengatakan, pada laga-laga Arema biasa, pihaknya hanya menyediakan 800 personel saja, atau pada laga big match paling banyak adalah 1.200 personel.
“Ini karena berkaitan pas Pemilu. Ini juga Piala Presiden yang mana presiden akan menyerahkan piala (pada tim juara). Maka panitia pelaksana harus menyiapkan sebisa mungkin. Kami tidak ingin kecolongan,” imbuhnya.
Terkait suporter, sama halnya pada laga leg pertama di Surabaya yang melarang Aremania untuk hadir, pada laga leg kedua di Malang ini juga melarang Bonek (sebutan suporter Persebaya) untuk hadir.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya di dalam stadion, panitia pelaksana pertandingan juga menyiapkan pengamanan bagi tim tamu. Tidak tanggung-tanggung, pihaknya menyiapkan sebanyak 3 kendaraan taktis (rantis) Baracuda.
“Kami siapkan tiga, tapi melihat kebutuhan jika memang butuh empat maka akan kami siapkan,” terangnya.
Ia menjamin tim tamu tidak akan merasa terintimidasi saat bertamu ke Malang. “Kami kan sudah ada SOP (standard operational procedure). Nanti rantis itu akan mengantar berangkat maupun pulang dari hotel ke stadion,” tandasnya.
Selain itu, laga antara Arema FC menjamu Persebaya dalam final leg kedua Piala Presiden, ternyata sempat ada wacana untuk dimajukan, dari 19.30 WIB menjadi pukul 15.30 WIB.
“Sebenarnya dari pihak keamanan ingin memajukan waktu pertandingan, tetapi dari pihak televisi mempertimbangkan hal lain lantaran ini hari Jumat. Jadi kick off tetap 19.30 WIB. Sesuai dengan jadwal awal,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Reporter: Gigih Mazda
Editor : Irham Thoriq
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85