Bisnis
·
20 November 2020 18:25

Dongkrak Perekonomian, Wali Kota Malang Sarankan OPD Membeli Produk UMKM

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Dongkrak Perekonomian, Wali Kota Malang Sarankan OPD Membeli Produk UMKM (14814)
Sutiaji (tengah). Foto: Humas Pemkot Malang
MALANG - Berkomitmen mendorong perkembangan sektor Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kota Malang, Wali Kota Malang, Sutiaji, menyarankan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membeli produk UMKM lewat pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dalam rangka menggerakkan kembali roda perekonomian yang sempat terhambat karena pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut disampaikan dalam gelaran Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2020 bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, pada Jumat (20/11/2020).
Sutiaji menambahkan, keterlibatan UMKM dalam proses pengadaan barang dan jasa, telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 16 Tahun 2018.
Dongkrak Perekonomian, Wali Kota Malang Sarankan OPD Membeli Produk UMKM (14815)
Sutiaji. Foto: Humas Pemkot Malang
Dengan demikian, artinya OPD dan dinas terkait diperbolehkan menggunakan dana APBD untuk pengadaan barang melalui UMKM.
"Tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak membeli produk UMKM. Saya anjurkan supaya OPD menggunakan biaya pengadaan untuk membeli produk UMKM," imbaunya.
Dongkrak Perekonomian, Wali Kota Malang Sarankan OPD Membeli Produk UMKM (14816)
logo pemkot malang.
Turut menambahkan, Kepala KPwBI Malang, Azka Subhan, menyambut baik upaya Pemerintah Kota Malang tersebut. Sebab, dinilai dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III yang berada di angka minus, yakni -3,49 persen.
ADVERTISEMENT
"ASN kan tidak terdampak pandemi seperti UMKM ya. Jadi kami mendukung pemerintah untuk mendorong membeli produk UMKM," ujarnya.(Adv/Bagian Humas Setda Kota Malang/HMS).